SOHR: Zona Demiliterisasi Idlib Sudah Kosong dari Senjata Berat

Foto: Pejuang menarik senjata berat dari zona demiliterisasi Idlib pada Senin lalu

KIBLAT.NET, Idlib – Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), Selasa (90/10), mengatakan bahwa zona demiliterisasi di provinsi Idlib sudah kosong dari senjata berat. Pemandangan itu terlihat setelah faksi-faksi oposisi menarik sebagian besar senjata berat mereka pada Ahad malam lalu menjelang berakhirnya batas waktu perjanjian Turki-Rusia yang jatuh Rabu ini.

Faksi-faksi oposisi yang dekat dengan Turki pada Senin menyelesaikan penarikan semua senjata berat dari zona demiliterisasi pada Senin, sebagaimana dilaporkan kantor berita Anadolu Agency.

Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), yang belum mengeluarkan sikap resmi atas perjanjian Turki-Rusia, mengikuti jejak faksi-faksi dukungan Ankara. Mereka menarik senjata berat tanpa pengumuman.

Anadolu melaporkan dari wartawannya di Idlib bahwa pasukan oposisi menarik semua senjata berat dari garis depan dengan pasukan rezim pada hari Senin.

Perjanjian yang diumumkan oleh Moskow dan Ankara bulan lalu menetapkan batas waktu akhir bagi semua faksi untuk menarik senjata berat mereka dari zona demiliterisasi Rabu ini. Zona itu meliputi pinggiran provinsi Idlib dan bagian dari provinsi tetangga yang dikontrol oleh faksi-faksi oposisi.

HTS, faksi jihadis terkuat di Idlib, sampai hari ini belum mengeluarkan sikap resmi atas perjanjian Moskow-Ankara. Namun sumber AFP yang disebut memiliki hubungan dengan HTS mengatakan bahwa kelompok itu setuju dengan pembentukan zona demiliterisasi. Ia berharap zona itu bisa membuat rakyat Suriah merasa aman sejenak setelah bertahun-tahun menghadapi gempuran dari rezim.

BACA JUGA  Hindari Gempuran Rezim, Puluhan Ribu Sipil di Idlib Kosongkan Desa

Dia menekankan bahwa sikap faksi-faksi oposisi dan juga HTS ini datang setelah Turki memberi jaminan. Kelompok-kelompok oposisi menerima perjanjian itu karena Turki, bukan Rusia.

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Syaikh Al-Mahdi Minta Pejuang Idlib Siaga Satu

Suriah - Kamis, 13/12/2018 09:53

Faksi-faksi Pejuang Idlib Siaga Satu

Suriah - Kamis, 06/12/2018 10:07