Al-Shabaab Somalia Eksekusi Mata-mata Asing

Foto: Al Shabab/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Mogadishu – Gerakan Al-Shabaab Al-Mujahidin Somalia mengeksekusi lima laki-laki di depan umum karena terbukti menjadi mata-mata asing. Mereka terbukti dan mengaku menjadi agen asing setelah digelar pengadilan.

“Lima di antara mereka ditembak mati di depan umum setelah mereka mengaku bekerja sebagai mata-mata di depan pengadilan,” kata Gubernur Al-Shabaab wilayah Juba, Muhammad Abu Abdillah, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/10).

Ia menungkapkan, mata-mata bernama Awaly Ahmad Muhammad (32) bekerja untuk dinas intelijen Inggris, M16. Ia datang dari Inggris ke Somalia untuk mendirikan organisasi ISIS.

Tiga lainnya, lanjut Abu Abdillah, bekerja untuk kepentingan AS. Mereka bertugas menunjukkan lokasi-lokasi Al-Shabaab untuk menjadi target drone. Sementara satu sisanya bekerja untuk pemerintah Somalia.

Pesawat drone AS sering melakukan serangan terhadap militan Somalia, dan militer AS mengatakan satu orang tewas dalam serangan udara di Somalia selatan selama akhir pekan

Al-Shabaab meninggalkan ibukota Mogadishu setelah pasukan Uni Afrika yang didukung Barat dan Eropa menginvasi pada 2011. Meski tak mengontrol pusat pemerintahan, Al-Shabaab mengendalikan banyak wilayah di pinggiran.

Gerakan tersebut berjuang untuk menerapkan Syariat Islam di Somalia. Gerakan jihadis ini juga member Organisasi Al-Qaidah.

Sumber: Al-Sarq Al-Ausath
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga