Para Komandan HTS Kembali Jadi Sasaran Pembunuh Misterius

Foto: Pejuang Hai'ah Tahrir Al-Syam

KIBLAT.NET, Idlib – Serangkaian pembunuhan oleh orang misterius beberapa waktu terakhir menimpa jajaran komandan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS). Terakhir, penasihat keamanan pemimpin HTS Abu Muhammad Al-Jaulani, Abu Yusuf Al-Jazrawi, dibunuh di pedesaan Idlib.

Abu Yusuf sendiri merupakan komandan HTS bukan asli Suriah. Ia berkewarganegaraan Saudi dan ikut berjihad di Suriah. Jabatannya di HTS sebagai penasihat keamanan Al-Jaulani.

Portal Arabi21.com, Rabu (10/10), melaporkan bahwa Abu Yusuf terbunuh dengan sejumlah luka tembak. Insiden itu terjadi di dekat Desa Jauzaf di kawasan Jabal Zawiyah, pedesaan Idlib.

Sebelumnya, komandan HTS bernama Abu Mush’ab Ad-Diry juga terbunuh dengan cara serupa. Pembunuhan yang menimpa dirinya terjadi saat ia melintas di jalan raya di dekat Jisr Al-Shogour di pedesaan Idlib.

Orang tak dikenal juga membunuh komandan HTS Muhammad Abu Salam. Sejumlah peluru yang bersarang di tubuhnya menghantarkannya bertemu Sang Pencipta. Kejadian itu terjadi di depan rumahnya di Jabal Zawiyah.

Serangkaian insiden pembunuhan misterius yang terakhir ini terjadi menyusul kesepakatan Rusia-Turki. Oleh karenanya, sebagian aktivis mengaitkan antara keduanya.

Sampai saat ini, HTS sendiri belum mengeluarkan sikap resmi atas kesepakatan Turki-Rusia. Namun mereka ikut menarik senjata berat dari zona demiliterisasi yang dibangun di bawah kesepakatan tersebut.

Sumber orang dekat HTS mengatakan, seperti dilansir AFP, langkah tersebut diambil supaya warga Suriah bisa istirahat sejenak setelah bertahun-tahun menjadi sasaran senjata rezim. Langkah ini diambil juga setelah Turki memberi jaminan.

BACA JUGA  Rezim Suriah Tak Tarik Semua Senjata Berat dari Zona Demilitersiasi Idlib

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga