Qatar Gelontorkan Bantuan Senilai $150 Juta untuk Gaza

Foto: Truk minyam membawa bahan bakar bantuan Qatar tiba di salah satu pembangkit listrik di Gaza. Bantuan itu untuk menghidupkan kembali generator listrik guna menyinari kota tersebut

KIBLAT.NET, Gaza – Pemerintah Qatar, Rabu (10/10), menyalurkan bantuan darurat ke Jalur Gaza senilai $ 150 juta untuk membantu meringankan situasi kemanusiaan di wilayah tersebut.

Kantor berita resmi Qatar mengatakan, “di bawah arahan mulia Yang Mulia Emir, Dana Pembangunan Qatar mengumumkan penyediaan 150 juta dolar bantuan kemanusiaan untuk meringankan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza yang terkepung selama bertahun-tahun.”

Sebuah truk bahan bakar melintasi perbatasan Israel ke Jalur Gaza pada hari Selasa sebagai bagian bahan bakar yang disumbangkan oleh Qatar. Sejumlah sumber mengatakan bahwa bantuan ini dalam kerangka upaya Negara Teluk dan PBB meringankan kondisi krisis di Jalur Gaza dan mencegah eskalasi kekerasan antara Palestina dan Israel.

Perbatasan antara Jalur Gaza dan Israel menyaksikan serangkaian protes yang berujung kekerasan antara warga Palestina dan militer Israel. Aksi tersebut digelar setiap pekan di dekat tembok pemisah.

Warga Palestina mulai protes di perbatasan pada 30 Maret untuk menuntut pelonggaran blokade di Gaza dan hak untuk kembali ke tanah di mana keluarga Palestina melarikan diri atau diusir setelah Israel berkuasa pada 1948.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Israel Mobilisasi Pasukan di Perbatasan Jalur Gaza

Suriah - Jum'at, 05/10/2018 07:13