Batas Waktu Berakhir, Jihadis Tak Ada yang Tinggalkan Zona Demiliterisasi Idlib

Foto: Pejuang saat berhasil merebut sebuah desa di Idlib dari tangan rezim/ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Batas waktu yang ditetapkan oleh perjanjian Rusia-Turki kepada faksi-faksi jihadis untuk meninggalkan zona demiliterisasi di Idlib berakhir pada Ahad malam (14/10). Hingga batas itu berakhir, tak terpantau penarikan satupun kelompok-kelompok tersebut.

“Belum terpantau penarikan satupun anggota kelompok jihadis dari zona tanpa senjata di Idlib dan sekitarnya bersamaan dengan berakhirnya batas waktu yang ditentukan,” kata Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), Rami Abdel Rahman, pertengahan Ahad malam kepada AFP.

Sumber dari faksi oposisi juga menegaskan bahwa batas waktu kepergian kelompok jihadis berakhir pada Minggu malam.

Faksi-faksi jihadis, terutama HTS, mengontrol sepertiga zona demiliterisasi yang ditentukan oleh kesepakatan Rusia-Turki. Dalam pernyataan menjelang batas akhir waktu yang ditentukan, HTS menekankan akan melanjutkan jihad dan perang sampai tujuan revolusi tercapai.

HTS tidak menunjukkan menolak atau menerima kesepakatan Turki-Rusia. Pernyataan HTS itu merupakan sikap resmi setelah beberapa pekan diam terkait perjanjian Idlib.

SOHR juga memantau penempakan mortar dari zona demiliterisasi ke arah posisi militer Suriah. Belum diketahui kelompok yang menembakkan itu. Sumber tembakan dari wilayah yang sudah steril dari senjata berat.

“Ini pelanggaran pertama sejak kesepakatan pembentukan zona demiliterisasi dibentuk,” kata lembaga yang bermarkas di Inggris itu.

Rezim Suriah menganggap kesepakat Turki-Rusia sementara dan awal dari langkah membebaskan Idlib. Beberapa hari lalu, militer Suriah juga dikabarkan menolak menarik senjata berat dari zona demiliterisasi di sisi wilayah kontrol rezim.

BACA JUGA  Jaringan HAM: Rezim Suriah Tangkapi Pejuang Oposisi yang Berdamai

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

HTS Gelar Latihan Militer di Pedesaan Idlib

Suriah - Kamis, 08/11/2018 08:38