AS dan Kurdi Suriah Gelar Patroli Bersama untuk Hentikan Serangan Turki

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Washington – Juru bicara Departemen Pertahanan AS (Pentagon), Rob Manning, mengatakan bahwa negaranya menggelar patroli bersama dengan milisi Kurdi di timur laut Suriah. Patroli ini digelar setelah pasukan bersenjata Turki menargetkan lokasi milisi Kurdi dengan tembakan artileri.

“Pasukan AS mulai Jumat lalu melakukan patroli keamanan di sepanjang perbatasan timur laut Suriah dengan mitra kami Pasukan Demokratik Suriah,” kata Manning dalam konferensi pers pada Selasa (06/11).

Ia menekankan perlunya semua pihak untuk fokus mengalahkan organisasi Daulah Islamiyah (ISIS).

Manning menjelaskan bahwa patroli ini tidak memiliki jadwal tertentu. Tujuannya untuk menjaga keamanan di wilayah tersebut demi kepentingan kami dan sekutu kami, Pasukan Demokratik Suriah dan Turki.

Menanggapi patroli sekutu NATO-nya dan organisasi yang dianggapnya teroris (Kurdi Suriah) itu, Erdogan murka. Ia menegaskan bahwa patroli tersebut tidak dapat diterima.

“Patroli pasukan AS dengan Kurdi tidak dapat diterima,” tegas Erdogan dalam pidato di hadapan pendukungnya di Ankara.

Pekan lalu, Turki menargetkan wilayah milisi Kurdi di kota Ain Al-Arab. Dilaporkan empat militan tewas dan sejumlah lainnya luka-luka akibat serangan itu.

AS dan Turki sebelumnya juga memulai patroli bersama di kota Manbij, yang dikontrol Kurdi. Patroli ini digelar setelah pasukan kedua Negara menggelar latihan beberapa pekan di Turki.

Sumber: Daily Sabat, El-Dorar
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

AS Kerahkan Aramada Laut ke Suriah

Amerika - Sabtu, 12/05/2018 07:15