50 Ribu Keluarga Miskin di Gaza Akan Dapat Bantuan 100 Dolar dari Qatar

Foto: Seorang ibu dan anaknya di dekat bangunan yang hancur setelah agresi Israel di Jalur Gaza/ilustrasi

KIBLAT.NET, Gaza – Pemerintah Qatar mengumumkan akan menggelontorkan dana sebesar 5 juta dolar untuk membantu 50.000 keluarga miskin di Jalur Gaza yang terkepung.

Pengumuman itu bertepatan dengan upaya internasional untuk meredakan ketegangan antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Kepala Komite Nasional Qatar untuk Rekonstruksi Gaza, Mohamed Ismail Al-Emadi, mengatakan dalam sebuah siaran pers pada Selasa malam (06/11) bahwa pihaknya akan menggelontorkan bantuan tunai mendesak untuk 50.000 keluarga di Jalur Gaza bernilai $ 100 per keluarga.

“Selama beberapa hari ke depan, pencairan tunai akan dikucurkan untuk total lima juta dolar, untuk semua rumah tangga yang dipilih bekerja sama dengan Kementerian Pembangunan Sosial di Gaza berdasarkan kriteria yang ketat,” kata Al-Emadi

Sebelumnya, Qatar memberikan dana hibah sebesar 10 juta dolar perbulan untuk membeli bahan bakar pembangkit listrik di Gaza.

Warga Jalur Gaza menderita blokade Israel yang mencekik selama bertahun-tahun. Satu dari dua orang di Jalur Gaza berada di bawah garis kemiskinan. Pengangguran di kota itu mencapai 53 persen dari populasi, 70 persennya adalah anak muda, berdasarkan data Bank Dunia.

Sebaliknya, Hamas mengumumkan di hari yang sama bahwa pihaknya akan membayar untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, sebagian besar gaji karyawan di departemen di bawah naungan pemerintahannya.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Israel Targetkan Tiga Remaja Gaza dengan Jet Tempur

Palestina - Senin, 29/10/2018 07:07