Ahmad Al-Raisuni Terpilih Jadi Presiden IUMS Gantikan Yusuf Al-Qaradawi

Foto: Cendekiawan Islam Maroko Ahmad Abdussalam Al-Raisuni

KIBLAT.NET, Istanbul – Cendekiawan Islam Maroko Ahmad Abdussalam Al-Raisuni terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Internasional Ulama Muslim (IUMS) pada Rabu (07/11/2018) menggantikan Dr. Yusuf Al-Qaradawi.

Al-Raisuni memenangkan 93,4% suara Majelis Umum IUMS dalam pemilihan yang diselenggarakan di Istanbul, Turki. Sementara kandidat lain, Esham Basyir (Sudan) memperoleh 89,9%, Khairuddin Qahraman (Turki) memperoleh 88,3%, Salim Segaf al-Jufri (Indonesia) dengan 88,3%, dan Ahmad al-khalili (Oman) dengan 75,5% suara.

Lebih dari 1.500 ulama dari lebih 80 negara hadir dalam majelis tersebut. Pertemuan kali ini menjadi yang terbesar mengenai jumlah kehadiran peserta sejak pembentukan IUMS pada tahun 2004.

Al-Raisuni, yang lahir pada tahun 1953 di Maroko, adalah mantan wakil ketua dan pendiri IUMS. Dia juga anggota Dewan Eksekutif Forum Ulama Muslim Dunia dari Liga Muslim Dunia.

Al-Raisuni juga menjabat sebagai presiden Asosiasi Masa Depan Islam di Maroko (1994-1996) dan presiden Gerakan Unifikasi dan Reformasi di Maroko (1996-2003).

Pemilihan akan dilanjutkan untuk jabatan Wakil Presiden, Sekretaris Jenderal Serikat dan asistennya, serta anggota Dewan Pengawas.

Didirikan pada tahun 2004 di Dublin, Irlandia, International Union of Muslim Scholars adalah yayasan Islam populer yang mencakup anggota dari negara-negara dunia Muslim dan minoritas Islam dan kelompok di luarnya.

Pada tahun 2011, markas besar IUMS dipindahkan ke ibukota Qatar, Doha, di bawah keputusan Dewan Eksekutif. Majelis Umum mengelola Perhimpunan, Dewan Pengawas, Kantor Eksekutif, Presidensi Perhimpunan dan Sekretariat.

BACA JUGA  Bahas Manbij dan Idlib, Erdogan-Trump Bertekad Jaga Hubungan Bilateral

IUMS bertujuan menjadi referensi dasar syariah dalam teorisasi dan rasionalisasi proyek peradaban negara Muslim dalam konteks koeksistensi damai dengan umat manusia lainnya.

Sumber: Middle East Monitor
Editor: M. Rudy

Ikuti Topik:

One comment on “Ahmad Al-Raisuni Terpilih Jadi Presiden IUMS Gantikan Yusuf Al-Qaradawi”

  1. Sabila

    Masya Allah Syaikh Ar Raisuni… :))
    Semoga Allah limpahkan keberkahan di dalam kepemimpinan beliau

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Persatuan Ulama Muslim Desak Saudi dan UEA Lepaskan Ulama

Timur Tengah - Kamis, 18/01/2018 06:59