Survei: Mayoritas Yahudi Israel Dukung Operasi Militer di Gaza Berlanjut

Foto: Serangan udara Israel terhadap Jalur Gaza/ilustrasi

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Sebuah survei yang digelar badan resmi Israel pada Rabu (14/11) menunjukkan bahwa mayoritas warga Yahudi Israel mendukung kelanjutan operasi militer terhadap Jalur Gaza. Di sisi lain, hanya sebanyak 21 persen yang menolak.

Survei tersebut digulirkan badan Broadcasting Corporation, seperti dinukil Anadolu Agency (AA).

Menurut survei, 49 persen orang Israel percaya bahwa Hamas menang, sementara 21 persen percaya bahwa Israel menang. Sebanyak 15 persen lainnya percaya bahwa perang antara kedua pihak imbang.

Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa 74 persen warga Israel tidak puas dengan kinerja keamanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu selama operasi militer. 57% menyatakan ketidakpuasan dengan kinerja Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman.

Menurut jajak pendapat yang sama, 73 persen warga Israel mendukung peluncuran operasi militer baru terhadap Hamas di Jalur Gaza.

Pada Selasa, Israel mencapai kesepakatan dengan faksi Palestina di Gaza, yang ditengahi oleh Mesir dan internasional. Kesepakatan itu memicu kemarahan berbagai pihak di Israel, termasuk Lieberman. Ia mengunduran diri dari jabatannya sebagai bentuk protes.

Saling serang roket antara militer Israel dan pejuang di Gaza meletus pekan ini. Ekskalasi itu terjadi setelah Israel menggelar operasi senyap untuk membunuh komandan brigade Izzudin Al-Qassam, sayap militer Hamas, di kota Khan Yunis, Jalur Gaza.

Hamas mengatakan pejuangnya menembakkan puluhan roket ke wilayah Israel sementara penjajah mengerahkan jet tempurnya untuk menargetkan lokasi Hamas.

BACA JUGA  Siapapun Perdana Menterinya, Israel Takkan Biarkan Palestina Merdeka

Sumber: AA
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Israel Akan Ubah Gaza Jadi Kamp Konsentrasi Raksasa

Palestina - Ahad, 10/02/2019 11:35