Cina Tangkap Tiga Warganya Karena Dianggap Hina Presiden

Foto: Presiden Cina Xi jinping

KIBLAT.NET, Xinjiang – Pihak berwenang di Beijing menjebloskan seorang jurnalis Ding Lingjie dan dua orang lainnya ke penjara. Ketiganya dianggap menghina Presiden Xi Jinping karena membuat sebuah video tentang dirinya ketika musim liburan.

“Ding diadili bersama dua orang pembuat petisi Li Xuehui dan Wang Fengxian oleh Pengadilan Rakyat Distrik Shijingshan di Beijing pada 28 Desember,” kata jaringan Pembela Hak Asasi Manusia Tiongkok (CHRD) dalam sebuah pernyataan di situsnya.

“Ketiganya dijatuhi hukuman penjara 20 bulan setelah dinyatakan bersalah “memicu pertengkaran dan menimbulkan masalah,” tambah kelompok itu.

Hukuman Wang ditangguhkan selama dua tahun, dan tidak jelas perannya dalam video. Namun, ibunya yang sudah tua ikut mengambil bagian dalam klip itu.

Pengacara Ding, Ren Quanniu mengatakan kliennya berencana untuk mengajukan banding atas hukuman penjara. Meskipun sebagian besar banding ke pengadilan yang lebih tinggi di Cina menghasilkan penegakan putusan dan hukuman awal.

“Ketiga terdakwa mengaku tidak bersalah dan juga menyatakan ketidakpuasan, sebagai bagian dari pertahanan individu mereka, dengan vonis dan hukuman,” kata Ren.

“Pihak berwenang Beijing mengirim sejumlah besar polisi, karena ada banyak orang yang mereka anggap sebagai ‘individu yang sensitif secara politis’ diawasi,” kata Ren.
“Ada banyak kendaraan polisi dan petugas di luar gedung pengadilan; mereka menganggap ini sangat serius.”

Sumber: RFA
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Diaspora Uighur Temui MUI, Ini yang Dibahas

Indonesia - Senin, 14/01/2019 16:48