Hindari Bentrok Lanjutan, Faksi Oposisi Suriah Buat Kesepakatan di Idlib

Foto: Kelompok-kelompok oposisi yang bergabung dalam HTS pada awal pembentukannya

KIBLAT.NET, Idlib – Haiah Tahrir Syam (HTS) menandatangani gencatan senjata dengan faksi oposisi Suriah setelah terlibat bentrokan beberapa waktu lalu. Kesepakatan ini dinilai memperkuat dominasi HTS di wilayah Idlib dan sekitarnya.

“Pagi ini, HTS dan NLF menandatangani perjanjian untuk mengakhiri pertempuran yang sedang berlangsung dan membangun kendali ‘Pemerintah Keselamatan’ di semua wilayah,” demikian dimuat kantor berita lokal, Ebaa, Kamis (10/01/2019).

“Pemerintah Keselamatan” yang diproklamirkan didominasi oleh HTS yang telah mengelola sebagian besar wilayah Idlib. Jangkauannya sekarang meluas ke sebagian besar provinsi Idlib dan beberapa provinsi tetangga Aleppo dan Hama.

Kesepakatan ini membuat faksi yang didukung Turki, Ahrar Syam dan Suqur Syam mundur, karena daerah-daerah yang pernah mereka pegang berada di bawah kendali administratif HTS. Termasuk dua kota besar Ariha dan Maarat al-Noman.

Pekan lalu, HTS mengambil alih puluhan desa dari faksi anggota NLF utama lainnya, Nuruddin al-Zinki. Sementara faksi lain, seperti kelompok Huras Ad-Din mempertahankan kehadiran di wilayah Idlib menjalin sekutu dengan HTS.

Kesepakatan yang diumumkan pada hari Kamis mengharuskan penghentian segera permusuhan, pertukaran tahanan, pencabutan semua pos pemeriksaan di dalam wilayah tersebut, dan penyatuannya di bawah wewenang Pemerintah Keselamatan.

Sumber: Aawsat
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Catatan Operasi Militer HTS Dalam Sepekan di Idlib

Suriah - Jum'at, 15/03/2019 10:05