Ketua Muhammadiyah Minta Lokasi Acara Bedah Buku Prahara Suriah Dipindahkan

Foto: Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdid, Yunahar Ilyas telah meminta lokasi acara bedah buku dan diskusi bertajuk ‘Prahara Suriah’ dipindahkan dari Gedung Dakwah Pusat Muhammadiyah. Panitia juga diminta tak mengatasnamakan Muhammadiyah dalam acara itu.

Dalam pamflet yang tersebar di media sosial, acara bedah buku dan diskusi bertajuk ‘Prahara Suriah’ dijadwalkan digelar di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/01/2018). Yunahar Ilyas mengatakan dirinya telah meminta kepada panitia acara untuk memindahkan lokasi acara tersebut.

“Saya sudah minta Najib Burhani (moderator acara) memindahkan acara itu dari Gedung PP Muhammadiyah dan tidak diadakan atas nama Muhammadiyah,” kata Yunahar saat dihubungi Kiblat.net, Kamis (17/01/2019).

Tersebar pamflet acara Bedah Buku dan Diskusi bertajuk ‘Prahara Suriah’. Sebelumnya dalam pamflet panitia Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dijadwalkan menyampaikan sambutan, namun kemudian digantikan oleh Hajriyanto Y. Thohari Ketua PP Muhammadiyah yang belum lama ini dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Lebanon.

Tertulis dalam pamflet, narasumber yang dihadirkan antara lain Kabagbanops Densus 88 AT Polri Kombes Pol Ahmad Nurwahid, Staf Ahli Menkominfo Henri Subiyakto, Sekjen Alumni Suriah Najih Arromadhoni, Penulis Buku Musim Semi Suriah Trias Kuncahyono, dan Penulis Buku Prahara Suriah Dina Y. Sulaeman. Ahmad Najib Burhani bertindak selaku moderator.

BACA JUGA  KPAI Temukan Peningkatan Jumlah Anak Terlibat Kampanye Pemilu 2019

Acara tersebut juga mendapat penolakan dari kader Muhammadiyah. Dalam surat keberatan yang ditujukan ke Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, Komandan Kokam Cabang Blimbing, H. Akbar Fauzi mengatakan Muhammadiyah adalah organisasi massa Islam yang beraqidah ahlus sunnah wal jama’ah. “Acara tersebut menghadirkan salah satunya Dr. Dina Y. Sulaeman, seorang penulis yang terindikasi kuat sebagai pengikut dan atau pendukung Syi’ah,” ujarnya.

“Kokam PCPM Blimbing menyatakan menolak keras acara bedah buku tersebut diadakan di rumah besar kami Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah,” tegasnya.

Sampai berita ini disusun, Najib Burhani belum menjawab pertanyaan klarifikasi dari Kiblat.net. “Hadir saja besok di Menteng, ketemu di sana ya” ujarnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Jaksa Agung Pemerintah Darurat di Idlib Terbunuh

Suriah - Sabtu, 23/03/2019 08:50