Diakui Tito Karnavian, Valid Ustadz ABB Tak Pernah Terlibat Bom Bali

Foto: Ustadz Abu Bakar Ba'asyir

KIBLAT.NET, Jakarta – Kuasa hukum Ustadz Abu Bakar Ba’asyir (ABB), Mahendradatta kembali menegaskan kliennya tidak pernah terlibat kasus pengeboman seperti yang ditulis oleh banyak media, termasuk fitnah yang menyebutnya sebagai otak dibalik bom Bali. Pernyataan tersebut makin valid setelah diperkuat oleh pengakuan Kapolri Tito Karnavian.

“Saya tegaskan hari ini, bahwa Ustadz ABB tidak pernah terbukti di pengadilan tersangkut oleh perkara bom manapun,” kata Mahendradatta dalam forum Indonesia Lawyers Club di Jakarta, Selasa (29/01/2018).

Mahendradatta menjelaskan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir hanya pernah terbukti bersalah di persidangan dalam kasus KTP. Selain itu, hukuman penjara yang dijalaninya kini terkait dengan kasus pelatihan paramiliter di Aceh.

“Yang kedua, beliau disangka permufakatan jahat untuk bom JW Marriott. Itu tidak pernah diselesaikan pemberitaannya, padahal PK (peninjauan kembali) beliau diterima dan beliau dinyatakan bebas,” terang Mahendradatta.

“Yang ditayangkan hanya putusan PN, tapi tidak pernah ditayangkan bahwa hasil PK beliau dinyatakan bebas,” imbuhnya.

Pernyataan Mahendradatta makin valid setelah dibenarkan oleh Kapolri Tito Karnavian, dalam forum yang sama. Jenderal polisi bergelar profesor terorisme itu menegaskan Ustadz ABB tidak pernah terbukti terlibat dalam kasus Bom Bali dan kasus bom lainnya.

“Tapi khusus untuk Ustadz ABB, tidak terkena dan tidak terkait atau tidak terbukti apalagi dikaitkan dengan bom Bali. Beliau tidak terkait dengan kasus bom Bali, hanya saat itu kasus KTP. Ada juga yang mengaitkan dengan JW Marriott dan lain-lain, beliau tidak terkait. Fakta hukum tidak menyatakan beliau terkait,” ujar Tito.

BACA JUGA  Ada Sidang Pilpres, Polisi Buat Rekayasa Lalu Lintas di MK

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga