Siapa di Belakang Saracen? Ini Kata Pengamat Intelijen

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat Intelijen, Jaka Setiawan memberikan tanggapan soal temuan Facebook bahwa Permadi Arya terkait dengan Saracen, kelompok yang selama ini dianggap sebagai penyebar kabar bohong atau hoaks. Jaka beranggapan aktor intelektual dari Saracen belum muncul, namun masih berkeliaran.

“Ini ada master mind yang belum kelihatan atau terungkap dibelakang Saracen. Buzzer yang muncul dan terkenal publiknya mungkin salah satunya seperti Abu Janda,” tuturnya saat dihubungi Kiblat.net pada Senin (11/02/2019).

Menurutnya, pembuat hoaks seperti Saracen ini anatominya tidak rumit. Bahkan, ia menilai kasus Saracen belum level intelijen, masih buzzer kelas bawah. Mereka, kata dia, hanya kepanjangan tangan dari perang narasi.

“Dan  narasi war ini ada satgasnya. Kalau dari struktur nomenklatur kekuasaan di Indonesia bisa lembaga yang mengurusi urusan-urusan informasi dan keamanan,” paparnya.

Ia juga memaparkan bahwa akun Abu Janda tidak akan dihapus secara permanen oleh Facebook dan hanya dikarantina saja. Karena itu database history yang biasa disimpan. Jadi, lanjutnya, kalau katanya sudah dihapus saya yakin datanya tetap masih ada.

“Upaya hapus-menghapus ini tidak akan mulus dan tidak akan terjadi karena yang dihapus buzzer kekuasaan, akun-akun itu hanya dikarantina saja. Nah kalau dikarantina artinya bisa dibuat apa saja, untuk kepentingan apa saja di masa yang akan datang,” tuturnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Media Sosial Kok Dibatasi?

Indonesia - Sabtu, 25/05/2019 00:34