Pengamat: Jokowi Bisa Kalah Jika Ahok Turut Kampanye

Foto: Jokowi pada debat Pilpres Jilid I.

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin akan kalah dalam pemilihan presiden April 2019 mendatang, jika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) turut berkampanye untuk paslon tersebut.

“Jika Ahok turun berkampanye untuk Jokowi – Amin di basis pemilih muslim, justru bukan meningkatkan suara 01 tersebut, tapi akan mengurangi, bahkan dugaan saya akan kalah,” ujarnya kepada Kiblat.net, Selasa (12/02/2019).

Menurut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) ini, keterlibatan Ahok masih berdampak pada pemilih muslim, usai kasusnya yang menistakan agama Islam pada 2016 silam. Ia mencontohkan, dalam masa Pilkada di Ciamis beberapa waktu lalu, incumbent yang mendukung PDIP kalah, karena masyarakat di Ciamis masih kuat keislamannya.

“Dalam masa kampanye Pilkada di Ciamis, polemik Ahok ini sangat berpengaruh di sana, karena di Ciamis itu masyarakat keislamannya kuat. Terkait Ahok, dugaan saya, dia bisa saja menjadi nilai plus ketika berkampanye terhadap masyarakat non muslim, namun ketika berkampanye di basis muslim, maka kansnya akan sulit, termasuk di pilpres,” ujarnya.

Isu Ahok ini, sebut Ujang, akan menjadi isu yang menggelinding bagai bola salju dan akan ditangkap oleh oposisi, untuk kemudian oposisi mendapat simpati dari masyarakat muslim.

“Masyarakat bisa saja menolak Ahok. Dan ini berbahaya bagi 01 dan saya yakin, Ahok tidak akan berkampanye pilpres ini untuk 01 tersebut,” tukasnya.

BACA JUGA  Komisi X DPR: Lebih Baik Kembangkan Akademisi Daripada Impor Rektor

Setelah bebas dari penjara, Ahok resmi bergabung sebagai anggota PDIP. Kabar tersebut dipastikan saat mantan Bupati Belitung Timur ini menyambangi kantor DPD PDIP Bali. Menurut keterangan Sekretaris Dewan Pertimbangan PDIP Bali Nyoman Adi Wiryatama, Ahok sudah mempunyai kartu anggota PDIP sejak 26 Januari 2019.

Meskipun begitu, belum dapat dipastikan apakah Ahok nantinya akan dilibatkan dalam kampanye pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Jokowi Janji Akan Cetak Gamers Profesional

Indonesia - Ahad, 14/04/2019 13:41