Sekolah Pemikiran Islam Bangkitkan Pemikiran Buya Hamka

Foto: Lukisan Buya Hamka di Pameran 111 Tahun Buya Hamka yang digelar Sekolah Pemikiran Islam (SPI) di Gedung IX FIB Universitas Indonesia, 11-13 Februari 2019

KIBLAT.NET, Depok – Sosok spesial Buya Hamka menjadi alasan Sekolah Pemikiran Islam (SPI) menggelar rangkaian pameran dan seminar dalam 111 tahun ulama Melayu itu. Kegiatan tersebut jadi momentum untuk membangkitkan kembali pemikiran-pemikiran Ketua Majelis Ulama (MUI) Indonesia pertama.

“Buya Hamka ini tokoh spesial artinya beliau ini di negeri-negeri jiran, Malaysia terutama, setiap tahun ada seminar nasional-internasionalnya,” ungkap Kepala Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Akmal Sjafril di arena pameran 111 tahun Buya Hamka di Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Depok, Senin (11/02/2019).

Pameran 111 Tahun Buya Hamka digelar untuk mengingatkan generasi muda Indonesia terhadap sesosok ulama terkemuka asal Sumatera Barat itu. Dengan melihat karya-karya ilmiah, kutipan-kutipan, hingga lukisan-lukisan sosok ulama asli Melayu tersebut, kaum muda diharapkan bisa lebih mengenal sosok Buya Hamka.

“Jadi kita sebagai bangsa Indonesia betul-betul rugi besar kalau kita sampai tidak mengenal beliau,” ujar Akmal.

Dia menjelaskan Buya Hamka memiliki lebih dari seratus karya tulis. Dalam pameran yang digelar pada 11 hingga 13 Februari 2019 itu ditampilkan separuhnya dari keseluruhan karyanya.

“Ini momen yang tepat untuk membangkitkan kembali pemikiran-pemikiran Buya Hamka,” imbuh Akmal.

Setelah pameran, SPI juga akan menggelar seminar bertajuk 111 tahun Buya Buya Hamka pada 16-17 Februari 2019 mendatang. Digelar di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia, seminar dua hari itu akan menghadirkan keluarga dan sejumlah tokoh yang memberikan perhatian khusus kepada sosok Buya Hamka.

BACA JUGA  Fahira Idris: Tudingan Enzo Radikal adalah Asumsi Prematur

Reporter: Haikal Sobirin
Editor: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ini yang Buya Hamka Lakukan pada Orang yang Membencinya

Video News - Senin, 11/03/2019 07:00