Memunculkan Tokoh Seperti Buya Hamka, Ini Rumusnya

Foto: Lukisan Buya Hamka di Pameran 111 Tahun Buya Hamka yang digelar Sekolah Pemikiran Islam (SPI) di Gedung IX FIB Universitas Indonesia, 11-13 Februari 2019

KIBLAT.NET, Jakarta – Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan sebutan Buya Hamka adalah seorang ulama, sastrawan, sejarawan, dengan ratusan karya yang sangat terkenal di Indonesia. Kemunculannya dinilai sebagai hasil pendidikan Islam yang benar.

Ketua Program Doktor PAI Universitas Ilmu Khaldun, Dr. Adian Husaini mengatakan bahwa untuk memunculkan tokoh seperti Hamka, diperlukan sebuah rumus. Yaitu mengikuti proses pendidikan Islam yang benar, dimana di dalamnya merupakan konsep penanaman adab.

“Hamka itu mengikuti proses pendidikan Islam yang benar, yaitu konsep penanaman adab. Dari kecil beliau berguru pada ulama-ulama hebat, guru-gurunya hebat. Kan pendidikan itu tergantung pada gurunya,” kata Adian usai menjadi pembicara di seminar “111 Tahun Buya Hamka” di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Sabtu (16/02/2019).

Berguru kepada ulama-ulama hebat itu menjadi kunci pendidikan Buya Hamka. Sehingga, kata Adian, dalam perjalanannya dia dididik dengan tradisi ilmu yang luar biasa.

Menurut Adian, mencetak ulama adalah proses yang cukup mudah, yaitu dengan menanamkan semangat belajar, sikap pembelajar. serta semangat perjuangan kepada anak. Dikap-sikap itulah yang yang ditanamkan pada diri Buya Hamka oleh para guru-gurunya.

“Model pendidikan Buya Hamka adalah model pendidikan ideal, jangan terjebak dengan formalisme, jangan terjebak pada linearisme,” ungkapnya.

Direktur Attaqwa College itu juga menyoroti pendidikan yang mencetak anak-anak menjadi materialis. Anak didik yang menjadi materiali tidak akan bermanfaat untuk masyarakat.

BACA JUGA  Ini Dua "Kartu" Jokowi untuk Masyarakat Hadapi Corona

“Kalau misalnya dia pintar tapi materialis, hubbud dunya itu akan merusak. Dia tidak akan mampu menjadi ilmuan, ulama yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Adian.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Kiat Menjadi Guru Keluarga- Ust. Adian Husaini

Video Kajian - Senin, 08/07/2019 08:45

Ini yang Buya Hamka Lakukan pada Orang yang Membencinya

Video News - Senin, 11/03/2019 07:00