HTS: Rusia Targetkan Penjara Pusat Idlib Setelah Jaringan Agennya Terungkap

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Serangan udara Rusia di Idlib pada Rabu (13/03/2019) tak hanya menargetkan kamp pengungsi, namun juga penjara pusat Idlib yang dikelola oleh Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS). Akibat serangan itu, puluhan tahanan melarikan diri.

Seperti dilansir Orient News, halaman-halaman lokal saling membagikan rekaman video detik-detik kaburnya sejumlah besar tahanan di penjara pusat Idlib. Hal itu terjadi setelah sejumlah rudal jet tempur Rusia jatuh di rumah tahanan tersebut.

Seperti terlihat rekaman yang diunggah Pusat Media Al-Ma’arrah, puluhan tahanan tanpa alas kaki yang sebagian besar pemuda berjalan di jalan raya. Raut muka mereka seperti orang panik dan syok.

Berdasarkan informasi yang beredar, di antara tahanan yang kabur itu sel-sel ISIS dan rezim Suriah. HTS tengah menyisir sekitar lokasi untuk menangkap kembali para napi yang kabur itu.

Sementara itu, kepala hubungan media HTS Imadudin Mujahid meyakini Rusia sengaja menargetkan penjara untuk membantu para penjahat kabur. Sebelum serangan ini terjadi, pasukan keamanan HTS berhasil mengungkap sel teroris yang dikomando langsung oleh pangkalan militer Rusia di Lattakia, Khemeimim. Jaringan itu bertanggung jawab atas serangan bom kembar di pusat kota Idlib pada 18 Februari 2019 lalu.

“Banyak tahanan yang melarikan diri berhasil ditangkap kembali. Ini berkat bantuan warga diiringi pengerahan pasukan keamanan dan militer dalam jumlah besar ke lokasi,” kata Mujahid.

BACA JUGA  Pejuang Suriah Luncurkan Serangan Balik

Serangan udara Rusia di kompleks penjara pusat itu menyebabkan 10 sipil tewas dan 45 lainnya luka-luka. Puluhan tahanan juga kabur setelah tembok penjara hancur dan terbakar setelah dihantam delapan rudal.

Sumber: Orient News
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Aksi Lawan Pemilu Curang di Bawaslu Berakhir Tertib

Indonesia - Selasa, 21/05/2019 22:38