Rusia: Serangan Udara Kami di Idlib Sudah dengan Koordinasi Turki

Foto: Pertemuan Turki-Rusia di Moskow beberapa pekan lalu untuk membahas berbagai masalah, terutama Suriah

KIBLAT.NET, Moskow – Rusia mengumumkan angkatan udaranya meluncurkan serangan ke markas Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) di Kota Idlib. Serangan ini digelar dengan koordinasi Turki.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Rabu (13/03/2019), Rusia mengklaim pasukan udaranya menghancurkan gudang senjata milik HTS di provinsi Idlib, Suriah.

“Serangan udara yang sangat akurat dilakukan berkoordinasi dengan Turki,” katanya pernyataan Dephan Rusia seperti dinukil Enabbaladi.net dari kontor berita Rusia, TAS.

Sementara itu, Turki belum mengomentari serangan udara dan pernyataan Dephan Rusia ini saat laporan ini ditulis.

Menurut koresponden Enabbaladi.net di pedesaan Idlib, jet tempur Rusia melucurkan beberapa kali serangan udara pada Rabu sore. Serangkaian serangan ini terfokus di penjara pusat HTS di daerah Arab Sa’id di sisi barat Idlib. Gempuran itu juga melebar hingga ke perumahan penduduk.

Kantor Media Idlib mengatakan bahwa gempuran Rusia ini menewaskan sedikitnya tiga sipil, termasuk anak-anak, dan melukai puluhan lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, perwakilan kementerian pertahanan Rusia dan Turki melanjutkan pembicaraan untuk menyepakati serangkaian langkah untuk mengaktifkan perjanjian Sochi yang ditandatangani antara kedua negara pada bulan September tahun lalu.

Gempuran ini terjadi berbarengan dengan pelanggaran hampir setiap hari rezim Assad terhadap zona gencatan senjata di wilayah tersebut.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga