Dua Masjid di Selandia Baru Diserang, Banyak Mayat Bergelimpangan

Foto: Petugas kesehatan membawa korban penembakan di masjid di Selandia Baru. (AP)

KIBLAT.NET, Christchurch – Sejumlah pria bersenjata menembaki dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/03/2019). Polisi mengatakan ada banyak yang tewas dalam serangan brutal tersebut.

Komisaris Polisi Mike Bush mengatakan telah menahan empat tersangka -tiga pria dan seorang wanita. Namun ia memperingatkan bahwa ancaman belum hilang.

Sam Clarke, seorang reporter TVNZ, berbicara dengan beberapa orang di dalam Masjid Al Noor ketika terjadi penembakan. Seorang pria masuk dengan senjata otomatis dan mulai menembak.

“Seorang pria bersenjata, berpakaian hitam dengan helm yang membawa senapan mesin, datang ke bagian belakang masjid dan mulai menembaki orang-orang yang shalat di sana,” kata Clarke.

Pihak berwenang mengatakan, penembakan kedua terjadi di masjid Linwood ketika shalat Jumat di kota Pulau Selatan.

“Kami sedang menghadapi situasi yang berkembang di berbagai situs,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pada konferensi pers. “Ini, dan akan, salah satu hari tergelap di Selandia Baru.”

Pihak berwenang belum menjelaskan perkembangan signifikan terkait penembakan, tetapi ia meminta warga di pusat Christchurch untuk tetap tinggal di dalam rumah. Media Selandia Baru melaporkan sekitar 27 orang tewas, tetapi jumlah korban tewas belum dapat dikonfirmasi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada enam warga negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di Masjid Al Noor saat penembakan terjadi. Tiga WNI dipastikan selamat dan bisa dikontak, sementara tiga orang lainnya masih dalam pencarian.

BACA JUGA  Segera Diputuskan, Vonis Final terhadap Pembantai Muslim Bosnia Radovan Karadzic

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga