Jokowi Janji Akan Cetak Gamers Profesional

Foto: Paslon no urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

KIBLAT.NET, Jakarta – Debat pamungkas turut membahas ekonomi digital, di sesi tanya jawab paslon 01, Joko Widodo memberikan kejutan dengan mempertanyakan persoalan game (permainan) kepada lawan debat.

“Singkat apa yang akan Bapak Prabowo lakukan dalam rangka pengembangan ekonomi digital dalam hal ini pengembangan esport mobile legend ke depan,” tanya Jokowi.

Prabowo menyatakan akan fokus pada persoalan- persoalan mendasar di tengah masyarakat, sementara wakilnya Sandiaga Uno memandang perkembangan digital dapat membuka peluang kerja seluas- luasnya, termasuk dalam hal game.

Sementara itu, Capres 01 Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah memang harus cepat tanggap dan respon cepat terhadap perubahan-perubahan global. Menurut hemat Jokowi, saat ini yang terjadi adalah barang-barang baru masuk begitu cepatnya setiap hari dan artificial intelligence internet of thing big data virtual reality, kalau dibidang keuangan bitcoin cryptocurrency ini pun juga sama, ini adalah sebuah profesi yang sekarang ini membuat anak-anak muda senang menjadi gamer.

“Oleh sebab itu pemerintah membangun infrastruktur digital baik broadband dengan kecepatan tinggi palapa ring, 4g. Sehingga anak-anak muda kita ini harus memiliki infrastruktur dalam mengembangkan profesinya sebagai gamers,” tuturnya.

Kedua, lanjut Jokowi, yakni membangun ekosistem yang nyaman bagi para gamers agar mereka terus berusaha membuat game. Dan ini saya kira sebuah peluang yang besar bagi industri game di Indonesia, kita melihat juga bahwa nilai ekonomi di bidang ini bertumbuh sangat pesat, catatan yang diterima Jokowi di 2017 perputarannya sudah mencapai 11- 12 triliun dengan pertumbuhan per tahun 25 sampai 30 persen.

BACA JUGA  Bawaslu Minta Hitung Suara Ulang Seluruh TPS Surabaya, Ini Alasannya

“Oleh sebab itu jangan sampai kita terlewat merespon setiap perubahan-perubahan yang ada, kemudian juga kita melihat anggaran-anggaran iklan sekarang bergeser ke sana,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan iklan yang bergeser ke esport dalam jumlah yang sangat besar ini juga harus dilihat dan diwaspadai. Sehingga pemerintah merespon dengan regulasi-regulasi yang benar, Jokowi  juga menegaskan bahwa menjadikan pemain esport yang profesional itu butuh sebuah fisik yang baik, butuh latihan-latihan yang detail sehingga betul-betul nanti jadi profesional.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Rusydan

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga