Begini Strategi Menteri Luhut dalam Melindungi dan Mengedepankan Produk Lokal

Foto: Luhut Binsar Panjaitan

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menghimbau untuk tidak meragukan keberpihakan pemerintah kepada rakyat Indonesia. Menurutnya, sebagai bangsa Indonesia, kita harus menemukan kembali spirit semangat keindonesiaan.

“Jadi kita harus temukan spirit semangat ke Indonesiaan kita, jangan kita ragu lagi, keberpihakan pemerintah pada (rakyat, red.) Indonesia iya,” ungkap Luhut saat menjadi narasumber “Update Perkembangan GOJEK dan pencapaian GOJEK terakhir”, di Restoran Seggara, Taman Impian Jaya Ancol, Kamis (11/04/2019).

Luhut mengklaim, sebagai ketua Lokal Konten atau lebih dikenal dengan Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menemukan spirit tersebut adalah dengan mengurangi impor, mengedepankan produk-produk buatan dalam negeri, serta melindunginya dari persaingan dagang dunia.

“Saya ketua Lokal Konten, jadi produk-produk yang buatan dalam  negeri harus kita kedepankan, kita mengurangi import-import yang kita bisa produksi sendiri, maka ini kita tanda kutip harus lindungi juga,” ujarnya.

Meskipun hal tersebut tidak dibolehkan oleh WTO, Luhut menyarankan agar Indonesia bermain cantik, selain itu menurutnya jika negara lain saja melakukan, tidak ada salahnya Indonesia juga turut melakukannya.

“Tapi tidak boleh, nanti marah WTO, persaingan. tapi ya jadi caranya aja, ya Negara lain aja melakukan ya masa kita nggak, tinggal caranya aja harus elegan. (WTO, red.) Jangan nyolot, ada namanya Standar Nasional Indonesia (SNI), kita disitulah berlindung,” pungkasnya.

BACA JUGA  Munarman: Kami Akan Terus Berjuang Pulangkan Habib Rizieq

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ditanya Soal Surat Suara Tercoblos, Ini Tanggapan Luhut

Video News - Jum'at, 12/04/2019 17:22

Di Acara Gojek, Luhut Malah Pamer Aplikasi Fish on

Indonesia - Jum'at, 12/04/2019 15:12