Polisi Duga Gudang KPU Pesisir Selatan Sengaja Dibakar

Foto: Kotak suara Pemilu 2019. (Foto: Bisnis.com)

KIBLAT.NET, Sumbar – Gudang penyimpanan kotak suara untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terbakar pada Senin dini hari tadi dan si jago merah pun melalap sebagian kotak suara.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Fery Herlambang mengatakan, pihaknya menduga gudang logistik pemilu di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) sengaja dibakar.

“Ada dugaan sengaja dibakar karena yang terbakar itu hanya sebagian. Korsleting atau arus pendek dipastikan bukan penyebabnya karena listrik tidak padam. Kendati demikian, kita masih menyelidikinya apakah sengaja atau tidak,” kata Fery saat meninjau kebakaran gudang logistik tersebut, mengutip Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Meskipun begitu, Fery menyatakan tim Inafis dari Polda Sumbar sudah turun untuk melakukan identifikasi di lokasi kebakaran.

“Kita akan bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan. Beberapa saksi akan segera kita minta keterangan,” tegasnya.

Di Tarusan, meskipun masih dalam satu Kecamatan, terdapat dua tempat penghitungan. Satu di aula, satu lagi di kantor kecamatan.

“Perhitungan di aula (baru) selesai jam 12 lewat, kemudian kantor kecamatan jam 1. Nah di aula jam 12 lewat pintu ditutup dikunci. Saat yang masih menghitung di satu tempat lain, terjadi kebakaran tersebut,” katanya.

Ia menyatakan pengamanan sudah cukup maksimal untuk mengawal proses penghitungan di tingkat PPK. Pengamanan dilakukan delapan anggota Polres dan dua anggota TNI.

BACA JUGA  Kesiapan RS Darurat Covid-19 Pulau Galang Sudah 96 Persen

Komisioner KPUD Kabupaten Pesisir Selatan, Medo Fernando menyatakan bahwa gudang itu menyimpan logistik untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Koto XI Tarusan. Total terdapat 785 kotak suara yang berasal dari 157 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kawan-kawan sedang bekerja, sedang dicek mana yang terbakar, mana yang bisa diselamatkan,” ujar Medo.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

ICMI Gelar Halal Bihalal Rekonsiliasi untuk Bangsa

Indonesia - Sabtu, 06/07/2019 07:50