Ramadhan… Sebuah Titik Balik

Foto: Ramadhan bulan mulia

KIBLAT.NET – Ramadhan selalu menjadi titik balik positif dalam kehidupan banyak Muslim. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata:

أن النبي صلى الله عليه وسلم صعد المنبر فقال : (آمين آمين آمين) قيل: يا رسول الله إنك حين صعدت المنبر قلت: آمين آمين آمين قال: (إن جبريل أتاني فقال: من أدرك شهر رمضان ولم يغفر له فدخل النار فأبعده الله قل : آمين فقلت: آمين ومن أدرك أبويه أو أحدهما فلم يبرهما فمات فدخل النار فأبعده الله قل : آمين فقلت: آمين ومن ذكرت عنده فلم يصل عليك فمات فدخل النار فأبعده الله قل : آمين فقلت: آمين

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam naik ke Mimbar dan berkata: Amiin, amiin, amiin. Lalu dikatakan kepada beliau: Wahai Rasulullah, (mengapa) engkau naik ke Mimbar dan berkata: Amiin, amiin, amiin.

Rasulullah pun berkata: Jibril datang kepadaku dan berkata: Jika Ramadhan datang dan seseorang tidak diampuni, dia akan masuk neraka dan Allah akan jauh melemparkannya. Maka katakanlah: Amiin! Aku pun berkata Amiin.

Dia (Jibril) berkata: Wahai Muhammad, jika kedua atau salah satu orang tua seseorang masih hidup dan dia tidak menghormati mereka lalu dia mati, dia akan masuk neraka dan Allah akan jauh melemparkannya. Maka katakanlah: Amiin! Aku pun berkata Amiin.

Dia (Jibril) berkata: Jika kamu disebutkan di hadapan seseorang dan dia tidak mengirim berkah kepadamu (bershalawat) dan dia mati, dia akan masuk neraka dan Allah akan jauh melemparkannya. Maka katakanlah: Amiin! Aku pun berkata Amiin.

(HR. Ibnu Hibbaan, 3/188; dishahihkan oleh Syaikh al-Albaani dilam Shahih al-Targhiib, 1679)

Dapat disimpulkan bahwa Ramadhan harus menjadi titik balik dalam kehidupan setiap Muslim: titik balik dari dosa menuju pertobatan, dari kelalaian menuju ketekunan, dari penyimpangan menuju jalan yang lurus dan dari bersandar pada kehidupan dunia menuju usaha untuk akhir lebih baik di Akhirat.

Sumber: Islamway
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Mereka yang Merugi di Bulan Ramadhan

Khazanah - Selasa, 04/06/2019 13:49