Dr. Iyad Qunaibi: Ungkapan “Islam adalah Agama Damai” Kurang Tepat

Foto: Dr. Iyad Qunaibi, da'i muda pemerhati dunia Islam asal Yordania.

KIBLAT.NET, Amman – Kita sering mendengar orang-orang Islam berkata: “Islam adalah agama damai”. Khususnya orang-orang Islam yang hidup di Negara Barat, dengan maksud menjaga citra Islam, mereka selalu mengkampanyekan bahwa Islam yang mereka anut merupakan agama penuh kedamaian.

Dr. Iyad Qunaibi, da’i muda pemerhati dunia Islam asal Yordania memandang bahwa ungkapan tersebut sebenarnya kurang tepat. Dalam sebuah video yang diposting di fanpage pribadinya pada Sabtu (20/04/2019) beliau menguraikan polemik yang akan timbul dari ungkapan Islam adalah agama damai.

Ketika mendengar ungkapan Islam adalah agama damai, maka orang-orang non-muslim akan mengatakan bahwa Islam bukanlah agama damai karena terdapat redaksi ayat dalam Al-Quran yang menyerukan peperangan.

“Di sini orang-orang Muslim tampak seperti menipu orang lain dan (biasanya, red.) berusaha menyembunyikan sesuatu dari agama mereka,” kata Dr. Iyad Qunaibi.

Qunaibi pun menjelaskan bahwa tidak perlu ada sesuatu yang disembunyikan dari agama kita.

“Tidak ada yang perlu disembunyikan dari agama kita, tetapi kita harus jelas, memahami kebenaran agama kita terlebih dahulu, menghargainya, baru setelah itu kita bisa menunjukkan kebanggaan (sebagai muslim, red.) kepada dunia tanpa merasa malu dan bingung,” jelasnya.

Maka, lanjut Qunaibi, ketika seorang muslim ingin menghubungkan Islam dengan nilai-nilai tertentu, maka nilai tersebut harus dipastikan sesuai dengan semua ajaran Islam serta tidak menyelisihi ayat ataupun hadits tertentu.

“Jadi jika kita ingin merangkum Islam dalam sebuah frasa, tidak benar untuk mengatakan bahwa Islam adalah agama damai, karena Islam sebenarnya memerintahkan perang di beberapa kondisi. Tetapi benar untuk mengatakan dan menyatakan kepada orang-orang bahwa Islam adalah agama kebenaran dan keadilan. Benar dan adil,” ungkapnya.

Qunaibi memandang bahwa benar dan adil merupakan dua nilai yang berlaku untuk semua ajaran Islam.

“Anda tidak akan menjumpai satu ayat menyerukan kesombongan, yang bertentangan dengan kebenaran. Atau satu ayat yang memerintahkan ketidakadilan, yang bertentangan dengan keadilan,” ujarnya.

Beliau menegaskan bahwa keadilan merupakan nilai yang dipegang Islam dalam setiap hukumnya tanpa terkecuali.

“Islam adalah agama kebenaran dan keadilan. Ini adalah nilai-nilai yang berlaku dalam semua ajarannya. Adapun perdamaian, terkadang terdapat kondisi dimana berdamai dengan orang-orang kafir adalah sebuah kesalahan, dan justru memerangi mereka adalah hal yang benar dan merupakan perwujudan sikap adil,” pungkasnya.

Reporter: Azzam
Editor: Rusydan


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Pengamat: Terorisme Atas Nama Agama Tak Hanya di Islam

Indonesia - Selasa, 11/02/2020 17:21

INSISTS: Islam Juga Dipecah Belah Melalui Istilah

Indonesia - Sabtu, 08/02/2020 11:30