Hadiri Undangan Kegiatan di Arab Saudi, UBN Tak Penuhi Panggilan Polisi

Foto: Ustadz Bachtiar Nasir

KIBLAT.NET, Jakarta – Ustadz Bachtiar Nasir hari ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan penyidik Ditipikor Bareskrim Mabes Polri. Namun, menurut pengacaranya, Mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama itu tidak bisa memenuhi panggilan penyidik karena sedang menghadiri undangan kegiatan di Arab Saudi.

“Ya, ada panggilan hari ini ke UBN, suratnya dikirim ke pihak keluarganya,” kata Aziz Yanuar, kuasa hukum Ustadz Bachtiar Nasir saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (14/05/2019).

Aziz menjelaskan surat pemanggilan UBN disampaikan kepada keluarganya di Jakarta Timur, pada Ahad (12/05/2019). Pemanggilan kedua ini, terkait status UBN sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) pada Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS).

Setelah muncul surat pemanggilan tersebut, kuasa hukum Ustadz Bachtiar Nasir kembali mengajukan surat permohonan penundaan pemeriksaan ke Bareskrim Polri pada Senin (13/05/2019). Penundaan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI itu harus menghadiri undangan kegiatan Liga Dunia Islam di Arab Saudi. Undangan kegiatan itu turut dilampirkan dalam surat permohonan penundaan pemeriksaan.

“Beliau lagi memenuhi undangan mewakili Indonesia. Posisi UBN sudah ke Arab Saudi,” kata Aziz.

Aziz kembali mengatakan bahwa UBN tidak bisa memenuhi panggilan ke Bareskrim Polri hingga Ramadhan 2019 berakhir, dikarenakan jadwal kegiatan sudah penuh selama sebulan. Kedatangan kasa hukum pada hari Senin juga sekaligus meminta penundaan pemanggilan hingga Ramadhan usai.

BACA JUGA  Prabowo: Saya Menolak Hasil Penghitungan yang Curang

Setelah dua kali UBN tak memenuhi panggilan, tak menutup kemungkinan polisi akan melakukan penjemputan paksa pada panggilan ketiga. Menurut Aziz, itu merupakan hak kepolisian.

“Ya mau gimana lagi, beliau sudah ada acara di Luar Negeri,” ujar Aziz.

Kuasa hukum UBN, Nasrullah Nasution turut menegaskan bahwa kliennya tengah memenuhi undangan kegiatan dari Liga Dunia Islam (Rabithah Alam Islami) di Makkah, Arab Saudi. Sebelum kegiatan itu digelar, UBN terlebih dahulu akan melakukan ibadah umroh.

“Beliau sedang ibadah Umroh,” ujar Nasrullah.

Bareskrim Mabes Polri memanggil Ustadz Bachtiar Nasir untuk menjalani pemeriksaan dalam perkara dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) atau money laundering. Sebeumnya dia dipanggil melalui surat nomor S. Pgl/1212/V/RES.2.3/2019/Dit Tipideksus tertanggal 3 Mei 2019 yang ditandatangani Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Brigjen Pol. Rudy Heriyanto Adi Nugroho. UBN dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai tersangka.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Arie Untung Tanggapi Kasus yang Menimpa UBN

Video News - Rabu, 15/05/2019 10:39

Jadi, Di Mana Salah UBN?

Suara Pembaca - Senin, 13/05/2019 12:39