Hari Kesepuluh Ramadhan, Wafatnya Ummul Mukminin Sayyidah Khadijah

Foto: Khadijah

KIBLAT.NET – Pada tanggal 10 Ramadhan tahun kesepuluh dari kenabian terjadi peristiwa ‘Am Al-Huzni (Tahun Kesedihan). Setelah sebelumnya Rasulullah kehilangan sosok paman yang selalu melindunginya , secara berurutan, Rasulullah kehilangan istri tercinta, Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza.

Tepatnya setelah dua bulan atau tiga bulan dari wafatnya Abu Thalib, Ummul Mukminin Khadijah Al-Kubra, pun wafat. Ibunda dari Fatimah ini wafat dalam usia 65 tahun, sedangkan Rasulullah ketika itu berusia 50 tahun.

Sosok Khadijah merupakan nikmat Allah yang paling agung bagi Rasulullah. Selama seperempat abad hidup bersamanya, dia senantiasa menghibur saat beliau cemas, memberikan dorongan di saat-saat paling kritis, menyokong penyampaian risalahnya, ikut serta bersama beliau dalam rintangan yang menghadang jihad, dan selalu membela beliau, baik dengan jiwa maupun hartanya.

Untuk mengenang itu, Rasulullah bertutur, “Dia telah beriman kepadaku saat manusia tidak ada yang beriman, dia membenarkanku saat manusia mendustakan, dia mengeluarkan hartanya untukku, saat manusia tidak mau memberikannya, Allah mengaruniaiku anak darinya, sementara tidak dikaruniakan kepadaku dari selainnya.”

Di dalam Ash-Shahih dari Abu Hurairah, dia berkata, “Jibril mendatangi Rasulullah n sembari berkata, ‘Wahai Rasulullah! inilah Khadijah. Dia telah datang dengan membawa lauk-pauk, makanan atau minuman. Bila dia nanti mendatangimu, sampaikan salam Rabbnya kepadanya dan kabarkanlah tentang rumah untuknya di surga yang terbuat dari permata bambu yang tidak ada kebisingan dan keletihan di dalamnya.”

Masa Lalu Khadijah Sebelum Menikah dengan Rasululah

Sebelum hidup bersama Rasul, Khadijah adalah istri dari Atiq bin Abid Al-Makhzumi (Ath-Thabaqaat, 8/217) dan melahirkan anak perempuan yang bernama Hindun.

Setelah Atiq, Khadijah dinikahi oleh Abu Haalah bin Nabbasy bin Zurarah At-Tamimi, sekutu Bani Abdud Dar dan melahirkan seorang anak laki-laki yang juga bernama Hindun.

Kemudian Rasulullah menikahi Khadijah ketika beliau berumur 25 tahun dan Khadijah berumur 40 tahun. Dalam pernikahan ini, Khadijah melahirkan Qasim dan Ath-Thahir atau Muthahhar dan mendapat julukan Abdullah.

Khadijah juha melahirkan beberapa anak perempuan, yaitu Zainab yang dinikahi Abu Ash bin Rabi’ dan merupakan putri tertua Rasulullah. Ruqayyah yang dinikahi oleh Utaibah bin Abu Lahab dan ditalak sebelum dicampuri. Kemudian Ruqayyah dinikahi Utsman bin Affan sebelum kenabian. Ummu Kultsum juga dinikahi Utsman bin Affan dan Fatimah dinikahi oleh Ali bin Abi Thalib.

Redaktur : Dhani El_Ashim

Sumber

1. Buku Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan oleh DR Abdurrahman Al-Baghdady

2. Sirah Nabawiyah karya syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfurry

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Dua Hakim di Neraka dan Satu di Surga

Khazanah - Jum'at, 14/06/2019 17:01

Pemimpin yang Memedulikan Sholat Kaum Muslimin

Khazanah - Senin, 10/06/2019 14:02