Pakar Pidana Tegaskan UU Perlindungan Data Pribadi Harus Segera Selesai

Foto: Pakar hukum pidana, Suparji Ahmad

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad menilai bahwa undang-undang yang secara khusus mengatur data pribadi harus segera selesai. Menurutnya, hal ini sangat penting untuk melindungi data masyarakat dan pembahasannya harus segera diselesaikan.

“Ini sangat penting dan saya kira memang sekarang ini sedang digagas bersama pemerintah dan DPR, akan adanya satu undang-undang secara khusus yang mengatur tentang data pribadi,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (15/05/2019).

Ia juga memaparkan bahwa saat ini banyak yang mengeluh terkait dengan data pribadi masyarakat. Misalnya dengan disebarkan secara ilegal, hingga pihak-pihak yang menelfon dengan maksud tertentu.

“Saya kira itu (penyebaran data pribadi.red) adalah bagian yang tidak boleh terjadi seenaknya saja. Ini harus ada perlindungan data pribadi kita itu tadi,” ucapnya.

Maka, ia menekankan akan mendukung adanya undang-undang itu. Yang penting, kata dia, tidak memasuki privasi orang yang melanggar HAM.

“Misalnya justru dengan undang-undang itu jangan sampai negara masuk pada ranah pribadi yang kemudian nanti itu berpotensi terjadinya sebuah kriminalisasi. Tetapi lebih pada upaya pemberian perlindungan saja,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

PP Persis: Hukum Pidana Islam Baik Bagi Semua Orang

Indonesia - Kamis, 25/04/2019 17:57