Abu Qotadah Al-Filastini: Kemewahan Adalah Musuh Jihad

Foto: Kemewahan

KIBLAT.NET – Kemewahan adalah musuh jihad, janji-janji Allah tentang kemenangan tidak akan diberikan kepada kaum yang takut kaca rumah mereka pecah. Masyarakat yang hidup bergelimang kemewahan seringkali jauh dari hidayah, jauh dari pertolongan Allah dan tidak akan mendapat peran untuk memimpin perubahan umat. Dan amat sangat jauh dari janji-janji rabbani yang agung.

Jangan engkau menjadi tawanan jahiliyah. Yaitu dengan mengira bahwa kemenangan dan perubahan realita kehidupan dapat diraih dengan banyak harta, keturunan dan menyusun kekuatan di samudera yang tenang dan sepi. Jika engkau jatuh ke dalam masalah ini, maka engkau tertawan dengan nilai-nilai jahiliyah. Engkau tidak memahami hakikat pergerakan kehidupan dan engkau tidak memahami sejarah dengan baik. Engkau tidak akan melihat makna ujian yang senantiasa mengelilingi manusia agar derajat mereka diangkat dan izzah mereka diakui.

Ketika engkau melihat kemewahan hilang dari sebuah masyarakat yang hidup dalam kondisi jihad, ketika engkau melihat ujian demi ujian menimpa suatu kaum yang keluar di jalan Allah melawan orang-orang yang sombong, maka ketahuilah mereka sedang meniti jalan perang Tabuk karena pada perang tersebut manusia dibedakan, mana yang mujahid mana yang enggan berjihad, mana yang munafik, mana yang beriman, mana yang dermawan dan mana yang bakhil,  dan mana mereka yang pemberani lagi dermawan. Inilah yang terjadi pada perang Tabuk pertama.

BACA JUGA  Kerusuhan di Wamena, Fraksi PKS Sesalkan Pemerintah Tak Mampu Deteksi Dini

Dan inilah engkau wahai mujahid di jalan Allah, engkau sedang hidup pada periode tabuk yang lain, dengan meniti jalan itu maka kemewahan akan sirna dari sisimu, dengan meniti jalan itu kualitas manusia dibedakan. Karena kamu akan mengetahui bahwa janji-jnji Allah tidak akan diberikan kepada kaum yang takut kaca rumah mereka pecah. Sedangkan para mujahid, mereka sama sekali tidak mempunyai rumah.

Syaikh Abu Qotadah Al-Filastini di dalam Lahadzot Ma’al Quran 1/95

Alih Bahasa: Aiman

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Surat Yusuf, Penyambung Asa Perjuangan Umat Islam

Tarbiyah Jihadiyah - Selasa, 01/10/2019 21:00

Mengenal Masyarakat Jahiliyah Bersama Sayyid Quthb

Tarbiyah Jihadiyah - Kamis, 25/04/2019 23:20

Selalu Menjaga Keikhlasan dalam Amal Islami

Tarbiyah Jihadiyah - Rabu, 27/03/2019 10:59