Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal Bersama Ormas Islam

Foto: Gedung Kemenag RI

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementrian Agama Republik Indonesia menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah pukul 17.00 di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jl MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat, Senin, (3/6/2019).

“Assalamualaikum #SahabatReligi sore ini Kementerian Agama akan gelar Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah. Sidang Isbat akan dimulai pukul 17.00 dengan paparan posisi hilal,” demikian pernyataan Kemenag dikutip melalui akun Instagram resmi Kemenag RI, Senin, (3/6/2019).

Adapun acara akan diawali dengan pemaparan posisi hilal yang disampaikan oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya. Dilanjutkan acara buka bersama dan shalat Maghrib berjamaah.

Selanjutnya Menag Lukman Hakim Saifuddin membuka sidang Isbat, kemudian diadakan pemaparan hasil laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembina Syariah, H. Moh. Agus Salim.

Acara ini dihadiri oleh berbagai Ormas Islam Indonesia. Sehingga sidang Isbat juga meminta pertimbangan ormas-ormas.

Hasil sidang penetapan 1 Syawal 1440 H akan ditandatangani dalam Surat Keputusan Menteri Agama RI. Nantinya, pengumuman Hari Raya Iedhul Fitri 1440 disampaikan melalui jumpa pers oleh Menag, MUI dan perwakilan Komisi VIII DPR RI.

Pantauan Kiblat.net di lokasi sidang Isbat, Menag Lukman Hakim Saifuddin sudah berada di lokasi dan hadir juga tamu- tamu undangan, salahsatunya imam Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga