Mantan Pesebakbola Nasional Suriah Gugur dalam Pertempuran di Hama

KIBLAT.NET, Hama – Mantan pemain sepak bola nasional Suriah, Abdel Basset Al-Sarwat, menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu (08/05/2019) akibat luka parah dalam pertempuran menghadapi militer rezim di barat laut Suriah. Sarwat bergabung ke barisan pejuang oposisi bersenjata setelah aksi protes damai dihadapi dengan moncong senjata oleh Bashar Assad.

Sebelum konflik meletus pada 2011, Sarwat yang gugur di usia 27 tahun itu merupakan penjaga gawang klub Nadi Al-Karamah, klub sepak pola nasional bermarkas di provinsi Homs.

Di awal aksi protes anti rezim Assad, Sarwat bergabung dengan kerumunan demonstran. Bahkan, ia ikut berorasi dalam berbagai aksi demonstrasi. Ia kemudian bergabung dengan kelompok oposisi bersenjata untuk melawan kezaliman rezim.

“Sarwat terluka dua hari lalu dalam pertempuran di barisan faksi Jaisy Al-Izza,” kata direktur Observatorium Suriah (SOHR), Rami Abdul Rahman, kepada AFP seraya menunjukkan bahwa ia meninggal pada Sabtu.

Rami menunjukka bahwa Sarwat termasuk dalam jajaran komandan tempur di faksi Jaisyul Izzah. Faksi yang memiliki pasukan ratusan itu aktif di pedesaan Hama utara.

Pemimpin Jaisyul Izzah, Jamil Shaleh, menyampaikan ungkapan duka citanya melalui twitter. Ia berdoa Allah menerima Sarwat ke dalam barisan para Syuhada’. Ia juga menyertakan video Sarwat saat berorasi di awal-awal aksi protes damai menentang Bashar Assad.

Sejak akhir April, pedesaan selatan Idlib dan pinggiran utara Hama menjadi saksi eskalasi militer sengit dari militer Suriah dan Rusia. Pesawat-pesawat tempur kedua negara itu menargetkan kota-kota dan desa-desa di daerah tersebut bersamaan dengan pertempuran darat antara militer Suriah dan pejuang oposisi di pedesaan Hama utara.

BACA JUGA  Penelitian Ungkap 100 Ribu Orang Lebih Ditahan Rezim Suriah Selama Konflik

Sarwat keluar dari Homs melalui kesepakatan. Homs jatuh ke tangan rezim setelah faksi-faksi yang aktif di provinsi itu menyerah. Warga dan pejuang yang menolak berdamai dipindahkan ke Suriah utara.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

One comment on “Mantan Pesebakbola Nasional Suriah Gugur dalam Pertempuran di Hama”

  1. Mr h

    Semoga kita bisa menyusul mendapat syahadah wal jannah.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga