Pejuang Suriah Luncurkan Empat Operasi Serentak di Hama dan Lattakia

Foto: Pejuang Suriah/ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Faksi-faksi oposisi Suriah, Ahad (09/05/2019), meluncurkan operasi serempak di empat lokasi di pedesaan Hama dan Lattakia. Operasi yang diluncurkan oleh berbagai faksi pejuang ini bagian dari pertempuran dengan sandi “Al-Fath Al-Mubin” yang diluncurkan beberapa hari lalu.

Kantor berita afiliasi Ha’iah Tahrir Al-Syam (HTS), Iba’, menyebutkan bahwa pejuang HTS berhasil menghancurkan bus yang membawa sejumlah tentara Suriah di kota Al-Jamalah di pedesaan Hama utara. Operasi itu dilakukan oleh unit pasukan khusus HTS.

Aliansi faksi-faksi jihadis di bawah nama Wa Harridzil Mukminin juga mengumumkan melalui telegram operasi di hari yang sama. Aliansi faksi itu menyerang posisi tentara Assad di wilayah Jabal Al-Abyadh di Jabal Turkman di Lattakia utara. Sebanyak 50 lebih tentara tewas dalam operasi itu, menurut pernyataan aliansi tersebut.

Pada bagiannya, aliansi faksi oposisi di bawah pimpinan Free Syrian Army (FSA), Jabhah Wathaniyah Lit Tahrir (JWT), mengumumkan dua operasi di Lattakia. Operasi pertama menggempur bukit Abu Sa’ad. Sejumlah tentara rezim, termasuk perwira tinggi, tewas dalam serangan itu.

Operasi kedua penargetan posisi tentara rezim dengan mortir kaliber 120 mm di Jabal Turkman di pedesaan Lattakia utara. Setidaknya 10 tentara tewas dan 20 lainnya luka-luka akibat tembakan yang sebelumnya melalui pemantauan teliti itu.

Rezim Suriah tidak mengeluarkan pernyataan atas kerugian ini. Mereka berbicara berhasil merebut sejumlah bukit di pedesaan Hama yang dikontrol JWT, namun hal itu dibantah oleh juru bicara JWT, Naji Musthafa.

BACA JUGA  Peraih Champions: Antara Liverpool dan White Helmets

Empat operasi bersamaan ini merupakan bagian dari operasi dengan sandi “Al-Fath Al-Mubin”. Operasi ini diikuti oleh faksi-faksi di Suriah utara dari berbagai latar belakang ideologi. Operasi ini dibentuk untuk membalas serangan militer Assad dan Rusia di pedesaan Hama, Idlib dan Lattakia.

Operasi Al-Fath Al-Mubin dideklarasikan pada Jumat lalu. Operasi ini sebagai fase kedua untuk membalas eskalasi militer rezim Assad dalam sebulan terakhir.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga