Unjuk Rasa Sipil Berlanjut, Akses Internet di Sudan Diputus

Foto: Warga sipil Sudan melakukan unjuk rasa menuntut penghentian kekuasaan oleh jenderal militer

KIBLAT.NET, Khartoum – Jaringan internet darat di Sudan diputus menyusul tindakan represif terhadap pengunjuk rasa yang terus berlanjut. Sepakan sebelumnya, layanan online seluler telah lebih dahulu diblokir.

Penyedia jaringan internet utama di Sudan, Sudantel, menghentikan operasinya di ibu kota Khartoum pada Senin (10/06/2019) sore. Pemutusan tersebut juga dirasakan kantor-kantor kedutaan besar, hotel-hotel mewah, dan perkantoran.

Lembaga pemantau keamanan siber, Netblocks, menyatakan pada tengah hari waktu setempat pemutusan hampir total telah dilakukan. “Ini pertama kalinya Sudantel memutus semua jaringan yang ada di negara ini,” ungkap juru bicara lembaga itu.

Netblocks menyatakan pemutusan yang dilakukan tidak hanya sebatas mematikan pusat data, lebih dari itu yeng terjadi adalah memutus semua lini digital. Indikasi pemutusan total itu sebenarnya telah terlihat sejak akhir pekan lalu.

Pemutusan terjadi setelah muncul kampanye yang menyerukan pembangkangan sipil secara nasional terhadap jenderal militer yang berkuasa di negara itu, yang telah memasuki hari kedua. Junta militer Sudan pada April lalu melakukan kudeta terhadap presiden Omar Al-Bashir.

Pengambil alihan kekuasaan tersebut disusul dengan unjuk rasa luas di seluruh Sudan. Pengunjuk rasa menegaskan kampanye pembangkangan nasional terhadap penguasa militer akan terus dilakukan sampai para jenderal menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sipil. Pekan sebelumnya para pengunjuk rasa yang menduduki area di luar markas besar tentara di Khartoum diserang, hingga menyebabkan puluhan orang tewas.

BACA JUGA  Sudan Lantik Seorang Ekonom Sipil Sebagai Perdana Menteri Baru

Sumber: Al Arabiya
Redaktur: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Omar Al-Bashir Mulai Diadili Atas Kasus Korupsi

Afrika - Kamis, 01/08/2019 07:35