AMISOM Derita Krisis Keuangan Serius

Foto: Pasukan AMISOM

KIBLAT.NET, Mogadishu – Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) mengalami krisis keuangan serius. Hal itu diungkapkan Direktur AMISOM, Francisco Madira, seperti dilansir dari Somalia Today pada Selasa (11/06/2019).

Madira menambahkan kondisi itu semakin parah dengan tidak dipenuhinya proposal dana yang diajukan kepada internasional. AMISOM mengajukan proposal dana untuk kompensasi bagi warga Somalia yang dirugikan dalam operasi-operasi militer.

“Masyarakat internasional mengabaikan proposal ini,” katanya.

Ia menyebut persoalan ini sangat serius. Ia pun mendesa Uni Afrika untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini.

Madira mengatakan bahwa ia sudah mendatangi kantor perwakilan PBB di Somalia. Tidak ada impati maupun perhatian khusus dari para pegawai PBB.

AMISOM sendiri dibentuk di bawah persetujuan Dewan Keamanan PBB. Mandat lembaga ini untuk mendukung struktur pemerintahan transisi, mengimplementasikan rencana keamanan nasional, melatih pasukan keamanan Somalia, dan membantu menciptakan lingkungan yang aman untuk pengiriman bantuan kemanusiaan. Sebagai bagian dari tugasnya, AMISOM juga mendukung pasukan Pemerintah Federal Somalia dalam pertempuran mereka melawan Gerakan Al-Shabaab, yang menginginkan pemerintahan Islam.

Sumber: Somalia Today
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga