Kapal Nelayan Berisi Puluhan Muslim Rohingya Terdampar di Thailand

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Satun – Pihak berwenang Thailand mengamankan sebuah kapal penangkap ikan yang membawa sebanyak 60 lebih Muslim Rohingya di pulai Rawi di provinsi Satun, Thailand selatan, pada Selasa (11/06/2019).

Kapal kecil itu ditumpangi oleh 28 pria, 31 wanita dan lima anak-anak. Pejabat taman nasional setempat mengatakan bahwa perahu tersebut terdampar setelah mengalami kerusakan mesin.

Seorang sumber pejabat Satun mengatakan kepada Reuters bahwa puluhan warga Rohingya itu akan di bawa ke daratan untuk diamankan.

“Semuanya akan diselidiki untuk melihat apakah mereka adalah korban perdagangan orang atau imigran ilegal,” kata pejabat yang meminta tidak disebutkan namanya tersebut.

Menurut badan-badan PBB, sebanyak 700.000 lebih Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh pada tahun 2017 untuk menghindari kampanye militer di negara bagian Rakhine Myanmar.

Myanmar menganggap migran ilegal Rohingya dari anak benua India dan menahan puluhan ribu di kamp-kamp besar di negara bagian Rakhine sejak kekerasan meletus di kawasan itu pada 2012.

Puluhan ribu orang Rohingya melarikan diri dari Myanmar melalui laut. Diperkirakan 25.000 orang menyeberangi Laut Andaman dalam perjalanan ke Thailand, Malaysia, dan Indonesia pada 2015. Banyak dari mereka tenggelam di laut karena kapal yang ditumpangi kelebihan penumpang.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga