Pemerintah Kabul Bebaskan Ratusan Anggota Taliban

Foto: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

KIBLAT.NET, Kabul – Imarah Islam Afghanistan (Taliban), Selasa (11/06/2019), mengapresiasi pembebasan anggotanya dari berbagai penjara pemerintah, dalam pengakuan langka oleh Taliban kepada pemerintah Kabul.

Pemerintah Kabul membebaskan sekitar 900 anggota Taliban dari berbagai penjara di seluru Afghanistan. Langkah itu atas instruksi Presiden Ashar Ghani pada kesempatan Idul Fitri.

“Memberikan hak kebebasan kepada para tahanan adalah langkah yang baik, dan kami berharap bahwa semua warga negara, serta mereka yang telah ditangkap atau ditahan selama bertahun-tahun karena informasi intelijen palsu, laporan yang salah atau karena persaingan lokal akan dibebaskan,” kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Hamdullah Muhib, Penasihat Keamanan Nasional Presiden Ashraf Ghani, pekan lalu, mengatakan kepada Thuluk News TV bahwa putusan pembebasan 887 tahanan Taliban sejalan dengan tuntutan wakil rakyat pada pertemuan Dewan Tertinggi Suku (Loya Jirga) untuk perdamian, yang digelar di Afghanistan pada April lalu.

Seperti diketahui, selama ini Taliban menolak legitimasi pemerintah Kabul. Pemerintahan yang dipimpin Ashraf Ghani itu dianggap boneka. Taliban menolak segala bentuk keterlibatan Kabul dalam negosiasi perdamaian di tingkat internasional.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Putaran Kesembilan Negosiasi Taliban-AS Dibuka

Afghanistan - Jum'at, 23/08/2019 08:37