Menikmati Wisata Literasi Magetan

KIBLAT.NET, Magetan – Untuk sebagian orang, membaca buku adalah sebuah aktivitas yang susah dilakukan, entah harus mencari tempat kondusif seperti suasana yang tenang dan sejuk, maupun meluangkan waktu membaca buku sementara hari ini sudah era digital yang semua bisa diwakilkan oleh gadget.

Di momen Lebaran 2019 kali ini, wartawan Kiblat.net berkesempatan mudik ke Magetan, Jawa Timur, sebuah Kota di timur Gunung Lawu. Suasananya masih asri, adab Jawa masih kental terasa di tengah masyarakatnya, dan kultur pedesaan masih kental terasa.

Dengan suasana dinginnya, karena berada di kaki gunung Lawu, menjadikan Magetan disebut sebagai kota kaki Gunung, pemudik yang mungkin setahun sekali datang ke Kota Magetan kini bisa menikmati wisata literasi di alun-alun kota.

Setiap hari Ahad, perpustakaan kota menjalankan satu Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) yang akan ‘ngetem’ di barat alun-alun, di bawah pepohonan rindang.

Dengan pemandangan di timur nya adalah Masjid Agung Magetan dan Gunung Lawu, pemudik maupun masyarakat Magetan ataupun para wisatawan dapat menikmati wisata literasi sembari menikmati view yang menyejukkan mata.

Ketika berwisata literasi, anda tak perlu khawatir kehabisan buku bacaan dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang, karena MPK dibekali 2.500 eksemplar buku dengan tiga ratus lebih judul buku.

Tidak hanya itu, jika beruntung, anak-anak yang menunjungi MPK di alun-alun akan mendengar cerita dongeng oleh Bu Titik Suprawoto, istri Bupati Magetan. Selain memberi inspirasi dari kisah hikmah yang diceritakan, Titik juga kerap memberi hadiah kepada anak-anak yang hadir.

Anak-anak pun dapat membaca buku bergambar yang memang banyak disediakan oleh perpustakaan kota, maupun bagi ayah bunda yang menemani, maupun remaja dan dewasa yang berkunjung, ada juga bacaan dengan topik-topik lainnya.

Wisata literasi di alun-alun Magetan ini dapat menjadi alternatif liburan, baik ketika lebaran maupun hari Ahad ketika hari libur kerja dan sekolah, karena biasanya wisata alam yang ditawarkan di Magetan akan padat dipenuhi wisatawan.

Selain mendapat informasi dari buku bacaan yang katanya adalah jendela dunia, pengunjung juga dapat menikmati sejuknya kota Magetan sembari menikmati pemandangan gagahnya Gunung Lawu dan indahnya Masjid Agung.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga