Komnas HAM dan UNHCR Sepakat Lindungi Hak Pengungsi

Foto: Komnas HAM dan UNHCR Tandatangani Nota Kesepahaman untuk Lindungi Hak Pengungsi, Jumat (05/07/2019)

KIBLAT.NET, Jakarta – Komnas HAM dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (United Nation High Commissioner for Refugee/UNHCR) menandatangani Nota Kesepahaman terkait perlindungan hak pengungsi di Indonesia.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa hari ini nasib para pengungsi pencari suaka, orang tanpa kewarganegaraan dan orang-orang yang berisiko kehilangan kewarganegaraan di Indonesia menjadi sorotan pegiat hak asasi manusia. Lantaran kebebasan hidup mereka berpotensi terenggut dan hak-hak lainnya tidak terpenuhi.

“Kami sepakat meningkatkan advokasi dan perlindungan terhadap hak asasi manusia para pengungsi dan pihak lain yang berada di buah manfaat UNHCR di Indonesia,” kata Taufan dalam konferensi pers di gedung Komnas HAM pada Jumat (o5/07/2019).

Dalam perspektif HAM, Komnas HAM menyoroti masalah utama para pengungsi dan pencari suaka, yakni pembatasan pergerakan, hak-hak anak dan perempuan, khususnya ibu hamil, hak memperoleh keadilan, hak atas informasi, dan perlindungan dari segala kerentanan.

Taufik juga menekankan, Indonesia sebenarnya bukan merupakan negara tujuan para pengungsi dan tidak bermaksud tinggal dan menetap di Indonesia.

“Namun kondisi tertentu menyebabkan mereka berada di Indonesia,” ujarnya.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Soal Aliran Pengungsi, Erdogan Ultimatum Uni Eropa

Turki - Jum'at, 08/11/2019 10:19