Bappenas Sebut Ibu Kota Baru Akan Dibangun dari Nol

Foto: Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah berencana memindakan Ibu Kota Indonesia ke pulau Kalimantan. Ketua Badan Perencanaan Pembangunan, Bambang Brodjonegoro sesumbar bahwa Ibu Kota yang baru adalah kota yang dibangun dari nol, dan tidak mengambil kota yang sudah ada.

Ia menambahkan, pemilihan Kalimantan sebagai tempat Ibu Kota baru karena Kalimantan merupakan tempat strategis dengan ketersediaan lahan yang luas dan wilayah yang relatif bebas bencana.

Letak Kalimantan yang berada di tengah Indonesia juga menjadi pertimbangan. Pemerintah ingin, kota yang di desain dan dibangun khusus ini menjadi Ibu Kota yang Indonesiasentris (berada di tengah Indonesia).

“Kita tentunya ingin mempunyai Ibu Kota yang benar-benar kita pikirkan, kita desain dan kita bangun dengan kemampuan kita sendiri,” kata Bambang di gedung Bappenas pada Rabu (10/07/2019).

“Karena Jakarta yang kita tempati hari ini bagaimanapun, meski telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia ketika merdeka sebagai Ibu Kota, tetapi Jakarta didesain dan dibangun oleh pemerintah kolonial di masa lalu,”imbuhnya.

Soal tata kota, Bambang menegaskan ingin membuat kota yang ideal dan layak huni. Sehingga desainnya membutuhkan lahan yang luas. Untuk itu, pemerintah juga akan menyiapkan kelengkapan infrastruktur kota.
Bambang memberikan contoh, penggunaan gas untuk memasak.

Di Ibu Kota baru, ia mengklaim nantinya masyarakat tidak akan bergantung pada tabung gas isi ulang. Penggunaan gas dapat diakses lewat jaringan gas kota yang akan disalurkan ke setiap rumah. Begitu juga dengan Air, setiap tempat tinggal akan terhubung dengan pipa PDAM sehingga suplai air tidak akan menjadi masalah.

BACA JUGA  Wapres JK Akan Resmikan Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah

“Jadi benar-benar dipikirkan dari awal, disiapkan infrastrukturnya,”ujar Bambang.

Bambang juga menyebut pembangunan kota baru itu akan menggunakan konsep Forest City, tidak hanya Green City. “Karena tempatnya di Kalimantan konsepnya harus lebih dekat ke forest city. Jadi harus benar-benar hijau. Dan energinya harus energi terbarukan,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

One comment on “Bappenas Sebut Ibu Kota Baru Akan Dibangun dari Nol”

  1. Iskandar s

    Yang sangat penting jg : pastikan jaringan listrik PLN tidak menghancurkan tata kota seperti sekarang, banyak pohon rindang ditanam dan akhirnya dipotong krn dilewati kabel PLN. Satu lg Pak, hendaknya pembangunan jalan hrs permanent berkualitas sangat jangka panjang, jln selalu ditinggikan saat rusak

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Komisi V DPR: Pemindahan Ibu Kota untuk Apa?

Indonesia - Sabtu, 17/08/2019 10:25