Kamp Pengungsi di Idlib Jadi Sasaran Jet Suriah, Empat Sipil Tewas

Foto: Relawan Pertahanan Sipil mengevakuasi seorang bocah yang selamat dalam serangan di kamp pengungsi pada Selasa (09/07/2019)

KIBLAT.NET, Idlib – Sejumlah warga sipil tewas setelah jet tempur Suriah menjatuhkan bom di kamp pengungsian di kota Deir Al-Sharqi di pedesaan Idlib timur pada Selasa (09/07/2019).

Koresponden Enabbaladi.net melaporkan bahwa jet tempur militer Suriah itu menargetkan tenda-tenda pengungsian di ujung kota Deir Al-Sharqi yang masuk wilayah administrasi distrik Maarrat Nukman. Dua wanita dan dua bocah tewas serta sejumlah penghuni tenda lainnya luka-luka.

Korban tewas merupakan satu keluarga yang terdiri dari ibu, dua anak dan satu cucunya.

Relawan Pertahanan Sipil (White Helmets) menyebutkan, setidaknya empat roket dalam satu tembakan menghantam kamp pengungsi yang berada di daerah pertanian itu. Para relawan segera turun mengevakuasi seluruh korban ke fasilitas medis terdekat.

Idlib dan Hama menjadi saksi eskalasi militer pasukan Assad dan Rusia dari darat dan udara. Kampanye militer itu bertujuan merebut wilayah oposisi.

Sementara itu, rezim dan Rusia dalam sejumlah pernyataannya mengklaim bahwa serangan udara itu menargetkan “teroris”. Kedua sekutu itu mengaku, serangan ini untuk membalas gempuran ke wilayah kontrol rezim.

Pertahanan Sipil dan organisasi-organisasi HAM membantah klaim rezim dan Rusia itu. Mereka menegaskan bahwa lokasi target jauh dari front dan markas militer.

Sampai saat ini, jumlah pengungsi akibat kampanye militer rezim dan Rusia mencapai 97.404 keluarga lebih (633.118 jiwa). Sementara pendataan pengungsi masih berlanjut sehingga memungkinkan jumlah pengungsi bertambah.

BACA JUGA  PBB Kecam Penggunaan Senjata Terlarang oleh Rezim Assad

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga