Pria di Singapura Tewas Disengat Lebah saat Berburu Durian

Foto: Quek Lye Seng tewas setelah disengat lebah

KIBLAT.NET, Bukit Timah – Pria pensiunan berusia 66 tahun dilaporkan tewas pada Jumat (05/07/2019) lalu setelah disengat oleh lebah. Dia tidak sanggup bertahan ketika racun lebah menyebabkan organ vitalnya berhenti.

“Quek Lye Seng sedang memetik rambutan dan durian sendirian sekitar pukul 3 sore hari itu di hutan di Hillview dekat Bukit Timah,” kata putranya yang lebih muda kepada The Straits Times saat upacara pemakaman pada Selasa malam.

Quek Lye Seng menjadi ayah tunggal dari dua anak setelah istrinya tewas tertimpa pohon tumbang 12 tahun lalu.

Putra bungsu Quek, seorang eksekutif pemasaran yang menolak menyebutkan namanya, mengatakan bahwa ketika ayahnya diserang, ia berhasil lari ke stasiun MRT Hillview dan meminta bantuan. Seorang pejalan kaki sempat memanggilkannya ambulans.

Dia dibawa ke unit Kecelakaan dan Gawat Darurat di Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong, dan kemudian dipindahkan ke Unit Perawatan Intensif. Dia meninggal sekitar jam 9 pagi keesokan harinya.

“Ayah saya seorang pensiunan, jadi di waktu luangnya, dia suka pergi keluar dan memetik durian dan ramban. Pada hari yang menentukan itu, dia secara tidak sengaja menerobos beberapa peluru, dan mereka menyengat dan mengejarnya,” katanya.

Putra bungsu mengatakan bahwa terakhir kali dia dan kakak laki-lakinya melihat ayah mereka makan malam Kamis lalu.

Dia mengatakan bahwa mencari buah-buahan adalah kegemaran masa lalu Quek. Dia biasanya berbagi hasil panennya dengan teman-temannya di lingkungan itu, dari pasar terdekat dan kedai kopi.

Lokasi Hillview berjarak sekitar 10 menit dari rumah mereka. “Sang ayah sering pergi ke sana,” kata putra bungsunya.

“Dia telah melakukan itu setidaknya selama 20 tahun. Dia dibesarkan di sebuah kampung sehingga dia tahu bagaimana melakukannya,” tambahnya.

“Dia dulu pergi ke daerah Bukit Batok dan Tengah. Tapi daerah-daerah itu mulai menjalani pembangunan untuk perumahan sekitar dua tahun yang lalu, jadi dia mulai mengunjungi lokasi Hillview.”

Para ahli mengatakan bahwa jika terjadi serangan lebah, seseorang harus menutupi wajah dan berlari secepat dan sejauh mungkin.

Mereka juga menyarankan para korban untuk berlari melawan angin, karena perlawanan membuat lebah lebih sulit mengimbangi, dan juga berlari dalam garis lurus untuk mencegah orang lain tersengat.

Seseorang seharusnya tidak memukul serangga atau memukul lengan, karena lebah tertarik untuk bergerak.

Sumber: The Strait Times
Redaktur: Ibas Fuadi

Read more at https://www.thestar.com.my/news/regional/2019/07/10/retiree-stung-to-death-by-hornets-while-hunting-for-rambutans-and-durians/#fLOR5UUY9ORlqAU1.99

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Singapura Tolak Dua Ulama Ini Masuk Negaranya

Asia - Selasa, 31/10/2017 09:56