Somalia Eksekusi Mati Tiga Anggota Al-Shabaab

Foto: ilustrasi

KIBLAT.NET, Mogadishu – Pemerintah Somalia, Rabu (10/07/2019), mengeksekusi mati tiga anggota Gerakan Al-Shabaab Al-Mujahidin. Mereka divonis mati karena dituduh terlibat peledakan hotel di ibu kota Mogadishu pada 2017.

Kantor Berita Nasional Somalia melaporkan, seperti dilansir Reuters, pemerintah pada Rabu mengeksekusi tiga anggota Al-Shabaab setelah dinyatakan bersalah atas keterlibatan dalam pemboman hotel di Mogadishu, yang menewaskan 18 orang pada tahun 2017.

Menurut laporan tersebut, ketiganya didakwa bergabung anggota kelompok teroris bersenjata untuk melawan pemerintah dan terlibat serangan bom berdarah yang menewaskan 18 orang, dan melukai 47 lainnya.

Pernyataan militer Somalia menunjukkan bahwa ketiganya dieksekusi dengan ditembak.

Ketiganya dituduh terlibat dalam serangan mematikan ke hotel paling terkenal di Mogadishu, Hotel Nasa-Hablod, pada Oktober 2017. Al-Shabaab menargetkan pejabat tinggi pemerintah yang saat itu menggelar pertemuan di hotel.

Kantor berita Associated Press saat itu melaporkan, satu bom truk yang dikemudikan oleh anggota Al-Shabaab meledak di luar sebuah hotel. Kemudian disusul dua ledakan lainnya terdengar.

Rangkaian ledakan itu juga diiringi suara baku tembak di dalam hotel. Menurut polisi, pasukan keamanan telah menyelamatkan 30 orang, termasuk seorang menteri, dari dalam hotel Nasa-Hablod di Mogadishu ketika terjadi tembak-menembak di dalam hotel.

Kapten Mohamed Hussein melaporkan peristiwa tersebut dari lokasi kejadian dan saat percakapan dengan wartawan Associated Press terdengar suara tembakan bergema.

BACA JUGA  Al-Shabaab Somalia Serang Pangkalan AS dan Konvoi Militer Italia

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga