Pertama Kali, Muslim Sri Lanka Siapkan Kandidat untuk Pilpres

Foto: Muslim Sri Lanka

KIBLAT.NET, Kolombo – Untuk pertama kalinya dalam sejarah pemilihan Presiden Sri Lanka, seorang Muslim yang tidak mewakili partai politik arus utama ditetapkan untuk maju sebagai calon presiden.

Sumber-sumber politik Muslim, mengungkapkan bahwa semua partai politik Muslim akan mendukung calon Presiden Muslim tersebut, yang kemungkinan akan dicalonkan oleh Kongres Muslim Sri Lanka (SLMC).

“Partai-partai Muslim kemungkinan akan membentuk koalisi yang longgar pada pemilihan Presiden, sehingga basis pemilih Muslim tidak akan terpecah dan akan bersatu,” kata sumber tersebut menambahkan.

Menurut sumber-sumber ini, konsensus inilah yang juga menyebabkan pengunduran diri massal Menteri Muslim secara tiba-tiba pada 3 Juni. Mereka mengundurkan diri sebagai protes terhadap penargetan politisi Muslim tunggal, pemimpin ACMC (dan mantan Menteri) Rishad Bathiudeen.

“Bahkan Menteri Muslim UNP yang dipilih oleh pemilih Sinhala mengundurkan diri secara tak terduga pada 3 Juni dengan Menteri Muslim yang dipilih oleh suara Muslim. Perkembangan politik yang tidak diungkapkan dari calon Muslim yang akan datang adalah alasan pengunduran diri mereka, yang tidak diketahui publik pada waktu itu. Semua orang dituntun untuk percaya bahwa semua Menteri Muslim bersatu dengan Menteri Bathiudeen ketika mereka mengundurkan diri,” tambah sumber.

Ketika ditanya soal apakah suara Muslim cukup untuk mengangkat kandidat presiden tersebut, sumber itu menjawab, “Sudah diketahui bahwa kandidat Muslim yang terpisah tidak dapat memenangkan pemilihan Presiden sendirian. Kami jelas memahami hal ini. Harapan dari kandidat Muslim untuk menunjukkan bahwa ia milik umat Muslim.”

BACA JUGA  Favipiravir Buatan Jepang Disebut Efektif Obati Corona

“Suara negara, dan dia, yang mewakili Muslim di negara itu, akan mulai melakukan tawar-menawar dengan kandidat arus utama yang kemungkinan besar akan menjadi pemenang dalam pemilihan Presiden. Karena itu dia akan dapat melakukan negosiasi ini untuk Muslim Lanka dalam kapasitas yang lebih besar daripada Menteri Kabinet Muslim standar atau pemimpin partai Muslim biasa.”

Sumber lebih melanjutkan, “Begitu calon arus utama yang kemungkinan akan menjadi pemenang setuju dengan tuntutan calon Presiden Muslim kami, maka calon Muslim kami akan menarik diri dari pencalonannya dan menjanjikan dukungan pemilih Muslimnya kepada kandidat arus utama ini.”

Sumber: Tribun Asia
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Para Pejabat Muslim Sri Lanka Mengundurkan Diri Massal

Wilayah Lain - Selasa, 04/06/2019 11:20