Sri Mulyani Ungkap Dampak Perang Dagang AS-Cina Bagi Ekonomi Dunia

Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbicara dalam seminar nasional Tantangan Investasi di Tengah Kecamuk Perang Dagang, Selasa (16-07-2019)

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Cina mempengaruhi ekonomi dunia, yang berdampak pada rendahnya minat investasi.

Sri Mulyani memaparkan perang dagang yang digagas Presiden Amerika Serikat Donald Trump kini mempengaruhi perdagangan dan mengakibatkan penurunan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia. Menkeu menyebut pertumbuhan perdagangan global pada 2019 diprediksi hanya akan naik 3 persen, yang berarti sangat rendah. Sementara pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi akan turun sampai 0,5 persen.

“Dan 0,5% itu sama dengan GDP satu negara Afrika Selatan, hilang berarti,” kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci dalam seminar nasional yang diselenggarakan INDEF di Jakarta, Selasa (16/07/2019).

Penurunan inilah yang kemudian, menurut Sri Mulyani, membuat para pengusaha kehilangan minat investasi. Dengan melemahnya ekonomi global, permintaan global terhadap barang akan lebih rendah.

“Ini akan mempengaruhi keputusan investment. Pengusaha membuat keputusan berdasarkan kalkulasi mikro perusahaan serta berdasarkan environment yang ia hadapi. Kalau semuanya positif, pasti berpikirnya mau investasi apa,” ujarnya.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ketua DPR Peringatkan Dampak Perang Dagang AS-Cina

Indonesia - Senin, 10/06/2019 16:24