Arab Saudi Bebaskan Perempuan Urus Paspor dan Pergi ke Luar Negeri Tanpa Izin Wali

Foto: Paspor Arab Saudi

KIBLAT.NET, Riyadh – Arab Saudi telah menerbitkan aturan baru yang melonggarkan pembatasan bagi perempuan, dengan mengizinkan mereka mengajukan paspor dan bepergian secara bebas tanpa ada persetujuan dari pria selaku wali.

Aturan baru tersebut diumumkan pada Jumat pagi (02/08/2019) waktu setempat. Sebelumnya, para perempuan Arab Saudi diharuskan menyertakan persetujuan dari wali untuk mendapatkan paspor atau ketika hendak bepergian ke luar negeri.

Perubahan yang diumumkan melalui dekrit itu memungkinkan perempuan Arab Saudi untuk mendaftarkan pernikahan, perceraian, dan kelahiran anak sehingga memperoleh dokumen keluarga resmi. Aturan itu sekaligus menetapkan seorang ayah atau itu bisa menjadi wali sah bagi anak-anaknya.

Namun, aturan baru itu juga masih mengharuskan adanya persetujuan dari wali untuk menikahi seorang perempuan. Selain itu, perempuan tetap tidak bisa memberikan kewarganegaraan bagi anak-anak mereka dan tak bisa memberikan persetujuan bagi anak-anak mereka untuk menikah.

Dekrit yang dikeluarkan Raja Salman itu membolehkan siapa saja yang berusia 21 tahun ke atas untuk bepergian ke luar negeri tanpa izin. Setiap warga negera Arab Saudi juga diperbolehkan mengajukan paspornya sendiri. Belum diketahui, apakah aturan baru itu akan segera diberlakukan.

Aturan baru ini menambah daftar perubahan besar-besaran yang diterapkan di pemerintahan Raja Salman. Dimotori Putra Mahkota Muhammad bin Salman, Arab Saudi telah membuka keran seluas-luasnya bagi perempuan untuk memasuki dunia kerja, mencabut larangan mengemudi bagi perempuan, melonggarkan aturan pemisahan gender, hingga mendirikan bioskop dan menggelar konser.

BACA JUGA  Gerakan Sahwah di Arab Saudi: Dulu Dirangkul, Kini Dimusuhi

Munculnya aturan baru itu dirayakan para pengguna sosial media. Mereka memuji Muhammad bin Salman yang dianggap berjasa atas terbitnya aturan yang makin memberikan kelonggaran bagi para perempuan tersebut.

Sumber: Al Arabiya
Redaktur: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga