7 Negara Ini Berhari Raya Kurban pada Senin

Foto: Shalat Idul Adha/ilustrasi

KIBLAT.NET, Doha – Sejumlah negara Arab dan Muslim serta minoritas Muslim di wilayah lainnya merayakan Idul Adha pada Senin ini (12/08/2019). Perbedaan ini berdasarkan Rukyat Hilal 1 Dzulhijjah masing-masing negara sehingga menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada 12 Agustus 2019.

Mayoritas umat Islam di dunia merayakan Idul Adha pada Ahad (11/08/2019), berdasarkan rukyat hilal. Pemerintah Arab Saudi yang menjadi lokasi pelaksanaan ibadah haji telah menetapkan wukuf pada Sabtu (10/08/2019).

Negara yang menetapkan Idul Adha hari ini adalah Oman, Maroko, Iran, Pakistan, Mauritania dan Nigeria. Minoritas Muslim di Sri Lanka juga berhari raya kurban hari ini.

Sementara pengikut Syiah di Irak dan Lebanon menetapkan Idul Adha juga hari ini berdasarkan ketetapan Iran. Ahlussunnah di kedua negara itu berlebaran haji pada Ahad.

Perbedaan ini juga terjadi pada Idul Fitri pada awal Juni lalu. Sementara mayoritas negara Arab dan Muslim merayakan Idul Fitri pada Selasa, 4 Juni, negara-negara lain mengumumkan Idul Fitri pada hari berikutnya (5 Juni).

Perbedaan ini terjadi karena masing-masing negara menggelar rukyat untuk melihat bulan baru sendiri-sendiri. Sementara minoritas umat Islam yang tinggal di negara non-muslim mereka mengikuti rukyat Saudi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Mardani Ali Sera: Idul Kurban Menguatkan Empati

Indonesia - Ahad, 11/08/2019 14:19