Situasi Makin Panas, Perdana Menteri Pakistan Kunjungi Kashmir

Foto: Perdana Menteri Pakistan Imran Khan

KIBLAT.NET, Kashmir – Perdana Menteri Pakistan Imran Khan melakukan kunjungan ke wilayah Kashmir, Rabu (14/08/2019), saat situasi di wilayah yang berbatasan dengan India itu makin memanas. Kedatangannya menegaskan kembali dukungan bagi wilayah Kashmir yang dikuasai India untuk menentukan nasibnya sendiri.

Imran Khan mengunjungi wilayah Kashmir yang berada dalam teritorial Pakistan. Kedatangannya dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Pakistan, dan hanya berselang sepekan lebih pascaterbitnya dekrit perdana menteri India yang mencabut otonomi khusus bagi wilayah Kashmir pada 5 Agustus 2019.

“Hari kemerdekaan adalah kesempatan untuk kebahagiaan besar, tetapi hari ini kami bersedih dengan nasib saudara-saudara warga Kashmir kami di Jammu dan Kashmir yang menjadi korban penindasan India,” kata Khan, Rabu (14/08/2019).

“Saya meyakinkan saudara-saudaraku warga Kashmir bahwa kami mendukung mereka,” tegasnya.

Kashmir merupakan wilayah yang dihuni oleh mayoritas umat Islam. Sejak kemerdekaan 1947, wilayah itu dibagi dua sebagian dikuasai India dan sebagian lainnya masuk dalam teritorial Pakistan. Wilayah yang dikuasai India terus berupaya melepaskan diri, dan di saat yang sama warga Kashmir yang berada di wilayah itu mengalami perlakuan diskriminatif.

Memasuki hari kesepuluh setelah terbitnya dekrit, situasi di Kashmir makin memanas. Sebelumnya, otoritas India telah memutus jalur komunikasi dan membatasi pergerakan warga Kashmir.

Pakistan segera merespon dengan mengecam langkah kontroversial yang dilakukan India. Pada Selasa (13/08/2019), Islamabad mendesak Dewan Keamanan PBB untuk melakukan pertemuan darurat membahas situasi di Kashmir.

BACA JUGA  DK PBB Sidang Darurat Bahas Kashmir, India Mengutuk

Sumber: Aljazeera
Redaktur: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Pasukan India Tewaskan Dua Warga Sipil Kashmir

Pakistan - Senin, 19/08/2019 21:32