Basic Training Tanggap Darurat Bencana Wahdah Peduli Resmi Dibuka

Foto: Basic Training Wahdah Peduli di Aula PKBI Sulteng Kota Palu dibuka Sabtu (24-08-2019)

KIBLAT.NET, Palu – Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Sulawesi Tengah, Nur Hadi secara resmi membuka kegiatan Basic Training Wahdah Peduli di Aula PKBI Sulteng, Jalan Lekatu No.5 Kota Palu, Sabtu (24/08/2019).

Dalam sambutannya, Nur Hadi mengatakan, hadits Nabi yang berbunyi sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya adalah motivasi untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Awalnya Wahdah Peduli ini di Wahdah Islamiyah bernama Tim Penanggulangan Musibah (TPM). Namun karena atensi masyarakat yang begitu besar, maka dibuat menjadi lebih profesional menjadi Wahdah Peduli,” ujar dia.

Ustad Nur Hadi menambahkan, misi Wahdah Peduli tidak sekedar sosial, namun juga fokus pada kegiatan dakwah, sosial sebagai wasilah untuk menjangkaukan dakwah kepada banyak kalangan, salah satunya adalah Pemerintah.

“Kita perlu mengupgrade skill, maka pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan. Profesionalitas dalam lembaga ini menjadi kebutuhan yang harus diusahakan,” tutur dia.

“Kami ucapkan selamat belajar kepada seluruh peserta, ikuti kegiatan ini dengan baik sampai selesai, dan menjadi bekal untuk aksi di lapangan, khususnya di daerah masing-masing,” tutur Nur Hadi mengakhiri sambutannya, sekaligus membuka kegiatan dengan resmi.

Kegiatan ini mengambil tema besar yakni Collapse Structure Save Rescue (CSSR) dan Water Rescue, yang dihadiri oleh puluhan peserta pelatihan yang berasal dari utusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah se Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  STAI Luqman al-Hakim Surabaya Tugaskan 35 Wisudawan ke Pelosok Negeri

Pelatihan akan berlangsung hingga Ahad (25/08/2019) dengan menyajikan beberapa materi antara lain Risk Assessment & Mitigation, Mitigasi Bencana, jurnalistik kebencanaan, Standar Operasional Prosedur (SOP) Tanggap Darurat, Eksistensi WP dan pengukuhan pengurus WP, dan diakhiri dengan praktik lapangan.

Diantara lembaga yang berkerjasama dengan DPW Wahdah Islamiyah Sulteng antara lain SAR Sulteng, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Dinas Sosial Sulteng, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulteng.

Kontributor: Rustam Hafid (Divisi Media dan Informasi Wahdah Peduli)
Redaktur: Imam S.

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Zaitun Rasmin: Radikalisme Anti-Agama Lebih Berbahaya

Indonesia - Jum'at, 30/08/2019 10:51

Wahdah Peduli Sulteng Luluskan Relawan Siap Tugas

Indonesia - Kamis, 29/08/2019 07:25