Chechnya Resmikan Masjid Terbesar di Eropa

Foto: Masjid Fakhrul Muslimin di Chechnya [foto: Al-Jazeera]

KIBLAT.NET, Grozny – Pemerintah Chechnya meresmikan Masjid Jami’ Fakhrul Muslimindi kota Shali, timur ibukota Grozny, pada Jumat (23/08/2019). Ini merupakan masjid terbesar di Eropa, dengan kapasitas tampung 20.000 jemaah di dalam dan sekitar 100.000 di bagian teras.

Pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Yusuf bin Ahmed Al-Othaimeen, Presiden Republik Chechnya Ramzan Kadyrov, dan delegasi besar dari dunia Islam, menurut pernyataan OKI.

Dalam pidato pembukaannya, Al-Othaimeen mengatakan bahwa OKI memuji perawatan dan penjagaan masjid untuk melayani umat Islam dalam melaksanakan syi’ar-syiar dengan nyaman.

Dia menekankan masjid-masjid seperti ini harus selalu menjadi “suara moderat dan kebijaksanaan serta perang melawan ekstremisme dan ekstremisme serta terorisme.”

Masjid Fakhrul Muslimin adalah masjid terbesar di Eropa, menurut pernyataan OKI. Desain masjid mencerminkan arsitektur Islam dan dibangun pada tingkat arsitektur tertinggi.

Masjid ini terdiri dari dua lantai, dengan kapasitas hingga dua puluh ribu jemaah di dalam, dan sekitar seratus ribu jemaah di luar, dan juga mencakup area hijau besar memanjang di sisinya.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga