Diserang Jet Tempur Asing, Gudang Amunisi Milisi Syiah Irak Terbakar

Foto: Milisi Hashd Al-Sya'bi

KIBLAT.NET, Baghdad – Gudang amunisi kelompok milisi Syiah Hashd al-Shaabi di Irak terbakar. Demikian laporan media setempat, Selasa (10/09/2019).

Api muncul di distrik Hit di kota Anbar barat Irak, tempat Hashd al-Shaabi memiliki gudang penyimpanan senjata.

Beberapa laporan mengklaim kebakaran itu dipicu karena serangan udara oleh jet tempur tak dikenal. Laporan lain menyatakan ada orang yang terbunuh atau terluka akibat kebakaran.

Beberapa gudang amunisi milik Hashd al-Shaabi menjadi sasaran antara 19 Juli dan 25 Agustus. Kelompok paramiliter Syiah itu menuduh Israel melakukan serangan.

Presiden Irak Barham Salih mengatakan penyelidikan terhadap serangan udara sedang dilakukan.

Wakil Ketua Hashd al-Shaabi Abu Mahdi Muhandis menuding bahwa AS bertanggung jawab atas serangan pada 21 Agustus. AS telah menggunakan empat pesawat tanpa awak Israel untuk menargetkan kelompok itu dan pangkalan militer Irak.

Pada hari yang sama, Falih Alfayyadh, ketua Hashd al-Shaabi dan penasihat Dewan Keamanan Nasional Irak, mengatakan serangan itu direncanakan dari “luar”. Ia menambahkan bahwa pernyataan Muhandis bukan merupakan pandangan resmi organisasi.

Alfayyadh menahan diri untuk tidak secara terbuka menuduh AS dan Israel melakukan serangan.

Sementara, harian Asharq Al-Awsat yang berbasis di Inggris menuduh pemerintah Tel Aviv menerima persetujuan dari AS dan Rusia dan menyerang gudang rudal dan amunisi Iran di Irak.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada 20 Agustus bahwa unsur-unsur militer Iran di Irak menjadi sasaran tentara negara itu pada bulan Juli.

BACA JUGA  Penjinak Bom Asal AS Tewas di Mosul, Irak

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga